Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Polemik Wadas Purworejo

Bamsoet: Selesaikan Secara Humanis

Jumat, 18 Februari 2022 07:42 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. MPR RI)
Ketua MPR Bambang Soesatyo. (Foto: Dok. MPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong seluruh pihak melakukan pendekatan dialogis dan humanis kepada warga Desa Wadas Purworejo. Diharapkan, tak ada upaya paksaan terhadap warga untuk mengalihkan hak kepemilikan lahannya, apalagi sampai melakukan tindakan represif.

Bambang Soesatyo bilang, pembangunan Bendungan Bener memerlukan dukungan masyarakat Desa Wadas. Lahan mereka akan digunakan untuk penambangan batu andesit, sebagai material pembangunan bendungan.

Baca juga : Bamsoet Dorong Penyelesaian Konflik Wadas Secara Dialogis Dan Humanis

“Karenanya, perlu pendekatan dialogis dan humanis, ajak duduk bersama, baik yang setuju maupun belum setuju dengan pengalihan hak lahannya,” ujar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo, usai menerima Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo, Kelik Susilo Ardani, di Jakarta, kemarin.

Diketahui, pembangunan Bendungan Bener telah ditetapkan menjadi Proyek Strategis Nasional melalui Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2020. Keberadaan bendungan itu akan menampung kapasitas air sebesar 100,94 meter kubik yang dapat mengairi lahan pertanian seluas 15.069 hektare.

Baca juga : Temui Ganjar, Komnas HAM Minta Masalah Wadas Diselesaikan Dengan Humanis

Bendungan Bener juga akan mengurangi debit banjir sebesar 210 meter kubik per detik, dan penyediaan air bersih 1,60 meter kubik per detik. Selain itu, bendungan tersebut juga diproyeksikan sebagai pembangkit listrik dengan enam ratus megawatt.

Melanjutkan keterangannya, Bamsoet menjelaskan, pendekatan dialogis dan humanis mesti dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional, dan Balai Besar Wilayah Sungai. Juga aparat kepolisian yang ditugaskan di Desa Wadas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.