Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Ngobrol Bareng Parlemen Mesir, Puan Bahas Perpindahan Ibu Kota Negara

Senin, 21 Maret 2022 23:06 WIB
Ketua DPR, Puan Maharani melakukan, pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen Mesir, Hanafi Ali Gebaly. (Foto: ist)
Ketua DPR, Puan Maharani melakukan, pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen Mesir, Hanafi Ali Gebaly. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR, Puan Maharani melakukan, pertemuan bilateral dengan Ketua Parlemen Mesir, Hanafi Ali Gebaly, di sela-sela kegiatan Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Bali, Indonesia. Pertemuan dilakukan di Bali International Convention Centre (BICC), The Westin, Nusa Dua, Bali, Senin (21/3). 

Salah satu yang menjadi pembahasan adalah soal rencana perpindahan Ibu Kota Negara. Mesir diketahui juga tengah memindahkan IKN. “Dari Mesir dia berharap bisa belajar, bertukar pengalaman terkait dengan perpindahan ibu kota negara. Karena Mesir sedang melakukan itu,” kata Puan.

Baca juga : Pimpin Sidang Parlemen Perempuan IPU, Irine Suarakan Kesetaraan Gender

Mula-mula, keduanya membahas mengenai mengenai fasilitas kesehatan untuk pelajar-pelajar Indonesia di Mesir. “Kita punya 9.000 mahasiswa yang menimba ilmu di Mesir, khususnya di Universitas Al-Azhar. Saya mengapresiasi fasilitasi pemerintah Mesir dan berharap dukungan fasilitas kesehatan kepada mahasiswa kita di sana,” ujarnya. 

Perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI ini meminta agar Mesir memastikan pelajar Indonesia menerima vaksinasi Covid-19. Puan berharap ada layanan khusus untuk itu. 

Baca juga : Wanita Maju, Negara Maju

“Kami berharap dukungan fasilitas akses kekonsuleran dan informasi mengenai kondisi mahasiswa Indonesia kepada KBRI. Meminta kepastian layanan kesehatan terutama di masa pandemi ini, vaksinasinya untuk pelajar-pelajar kita yang ada di Mesir,” tuturnya.

Mengingat Mesir menjadi salah satu negara terbaik dalam pendidikan agama, Puan juga berharap Mesir menambah kuota beasiswa untuk mahasiswa Indonesia. Apalagi banyak pelajar Indonesia yang memilih Mesir untuk menempuh pendidikan agama.

Baca juga : Bertemu Menlu Mesir, Siti Bahas Lingkungan Hingga Energi Terbarukan

“Peningkatan kerja sama kedua negara di bidang pendidikan perlu terjalin. Terutama bagaimana selama ini kerja sama dalam bidang pendidikan, banyak sekali pelajar kita yang ada di Mesir,” ungkap Puan. 

Diketahui, Mesir telah memulai proses pemindahan kantor pemerintahan ke ibu kota administratif baru pada Desember 2021 lalu. Ibu kota administratif itu terletak 45 kilometer dari timur Kota Kairo. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.