Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puan Pidato Di Sidang Parlemen Dunia

Wanita Maju, Negara Maju

Senin, 21 Maret 2022 06:33 WIB
Ketua DPR Puan Maharani saat memberikan pidato dalam Forum of Women Parliamentarians, Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali. (Foto: DPR RI).
Ketua DPR Puan Maharani saat memberikan pidato dalam Forum of Women Parliamentarians, Sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144 di Nusa Dua, Bali. (Foto: DPR RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani memanfaatkan momentum Sidang ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU), di Bali International Convention Centre (BICC), The Westin, Nusa Dua, Bali, pada 20- 24 Maret 2022, untuk memompa semangat para perempuan untuk berkiprah lebih luas lagi. Sebab, kata Puan, kalau wanita maju, negara pun akan maju.

Sidang ke-144 IPU dibuka tadi malam oleh Presiden Jokowi. Namun, sejak pagi, Puan terlihat sudah sibuk. Ketua DPP PDIP itu, berkeliling venue acara untuk memastikan semua berjalan baik.

Outfit yang digunakan Puan tergolong sederhana. Tapi tetap memesona. Perpaduan outer berwarna kuning kehijau-hijauan menemani pagi Puan di Pulau Dewata tersebut.

Saat asyik keliling, langkah politisi berusia 48 tahun itu, terhenti di lobi confession hotel. Dia tertarik dengan ha­sil rempah-rempah Indonesia yang dipajang sana.

Putri bungsu Megawati Soekarnoputri ini menjelas­kan maksud memamerkan hasil pertanian tersebut. Kata dia, Indonesia itu luas. Bukan hanya Bali. Hasil kekayaan alamnya pun melimpah. “Saya ingin semua delegasi dari berbagai belahan dunia tidak mengenal Bali semata, tetapi juga Indonesia sebagai negeri kepulauan yang kaya akan rempah dan hasil bumi nusan­tara,” urainya.

Setelah itu, Puan membuka Forum of Women Parliamentarians, salah satu rangkaian kegiatan IPU. Di sini, dia berpidato mengenai isu kesetaraan gender. Sebagai tuan rumah hajatan akbar parlemen dunia itu, dia mengingatkan peran penting kaum hawa dalam memajukan bangsa dan negara.

Menurutnya, perkembangan bangsa saat ini bukan cuma ter­gantung laki-laki. Perempuan pun mulai menunjukkan perannya. “Saya mengajak kita bersama untuk meneguhkan komitmen, kita yang sama-sama duduk di ruangan ini dapat berperan besar untuk menggerakkan perubahan jenis kesetaraan gender bagi masyarakat di negara kita masing-masing,” seru Puan, di hadapan ratusan anggota DPR dunia.

Menurut mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ini, negara beru­tang terhadap perempuan. Untuk itu, negara harus men­jamin keluwesan kaum hawa untuk ikut berkembang. “Saya ingin bilang, jika kemajuan perempuan dijamin, maka suatu negara akan maju,” te­gasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Berita Lainnya