Dark/Light Mode

Dorong Partisipasi Pemuda Dalam Politik Dan Digitalisasi Pendidikan

Esti Bersuara Di Sidang 144th IPU Bali

Sabtu, 26 Maret 2022 11:05 WIB
Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR dari Fraksi Partai Golkar, Dyah Roro Esti Widya Putri
Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR dari Fraksi Partai Golkar, Dyah Roro Esti Widya Putri

 Sebelumnya 
Di sisi lain, dia ingin, para pemuda berupaya mendorong kolaborasi agar semakin memasifkan kepedulian dan wawasan masyarakat tentang peran pemuda di setiap aspek vital Indonesia.

Generasi muda di Parlemen, lanjut Esti, akan membawa semangat baru untuk memperjuangkan beragam isu strategis. Sehingga beragam perspektif aktual dan adaptif diperlukan, untuk membuat gagasan segar sebagai solusi problematika global secara umum, maupun nasional secara khusus.

Baca juga : Ditemani Puan, Jokowi Buka Sidang Ke-144 IPU Di Bali

Pada bidang teknologi, dalam kaitannya dengan pendidikan, Esti menilai, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berperan penting di tingkat global dalam menjembatani interaksi guru dan murid. Apalagi selama masa pandemi.

Untuk itu pemegang gelar MSc bidang Teknologi Lingkungan (Manajemen Polusi) dari Imperial College London, Inggris ini berharap, seluruh parlemen di dunia dapat mendorong akses TIK yang terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat di berbagai wilayah.

Baca juga : Puan: Partisipasi Politik Perempuan Didorong, Demokrasi Berkembang

Esti menilai, kedua hal tersebut saling melengkapi, sehingga kerja sama setiap negara diperlukan untuk dapat mendukung satu sama lain. Penekanan ini juga merupakan upaya mendorong terwujudnya Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 5, yakni Quality Education atau Pendidikan yang Berkualitas hingga nomor 17 yaitu partnership for the goals.

Baginya, digitalisasi sangat penting dala mempercepat pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Digitalisasi dalam pendidikan akan mengurangi mobilitas fisik yang bersifat mencemari lingkungan, seperti mobilitas transportasi yang menghasilkan emisi karbon, dan polusi udara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.