Dark/Light Mode

Konstelasi Politik Jelang Pilgub

Beringin Maluku Bakal Jadi Penantang Petahana

Selasa, 25 Januari 2022 07:00 WIB
Politisi senior Golkar, Hamzah Sangadji. (Foto: Istimewa)
Politisi senior Golkar, Hamzah Sangadji. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konstelasi politik jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) Maluku 2024 makin hangat. Partai Golkar Maluku memberi sinyal akan menjadi penantang serius petahana Gubernur Maluku, Murad Ismail. Beringin akan jagokan politisi senior Golkar, Hamzah Sangadji.

Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar Maluku, Subhan Pattimahu menyebutkan, Hamzah Sangadji lebih layak berpasangan dengan Letnan Jendera (Letjen) Purn Jeffry Apoly Rahawarin.

“Pak Jeffry dan Hamzah itu akan memberikan perlawanan di Pilgub Maluku nanti,” kata Pattimahu, kemarin.

Baca juga : KSP: Pembangunan IKN Nggak Bakal Hambat Penanganan Covid

Hamzah yang pernah menjabat anggota Badan Anggaran DPR, sebutnya, punya kapasitas membangun Provinsi Maluku. Terutama pada sektor ekonomi, sehingga bisa mempercepat pembangunan dan membuat Maluku keluar dari jeratan kemiskinan.

Indikator lainnya, Hamzah Sangadji adalah tokoh kelahiran Maluku Tengah yang menjadi daerah pemilihan dengan jumlah suara terbanyak di Bumi Para Raja itu.

Dengan dukungan Jeffry Rahawarin sebagai salah satu putra terbaik TNI, diprediksi akan mampu meningkatkan elekta­bilitas. Menurutnya, dukungan kepada Hamzah Sangadji sebagai calon Gubernur Maluku merupakan rekomendasi Musyawarah Daerah (Musda) X Golkar. “Kombinasi Hamzah-Jeffry jika diberi kepercayaan akan membuat Maluku maju,” ujarnya.

Baca juga : Omicron Menggila, PM Selandia Baru Jacinda Ardern Batalkan Pesta Pernikahan

Sementara Ketua DPD Golkar, Ramli Umasugi juga santer dikabarkan maju mendampingi Jeffry. Bahkan beberapa waktu lalu, baliho kedua figur itu sempat terpajang dan menggegerkan publik Maluku, meski hanya bertahan selama tiga jam.

Tapi, naiknya Baliho yang menampilkan Rahawarin disebut sejumlah pihak sebagai blunder. Hal itu justru bakal menurunkan pamor Golkar dalam upaya melawan petahana Murad Ismail dan PDI Perjuangan.

Sebelumnya, pengamat politik dari Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, Said Lestaluhu memprediksi, petahana Gubernur Maluku Murad Ismail sulit dikalahkan di Pilgub Maluku 2024. Bahkan, belakangan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dikabarkan akan mendampingi Murad Ismail pada Pilkada 2024. Isu itu sontak jadi pembicaraan hangat.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.