Dark/Light Mode

Dilantik Panglima TNI Dan Kapolri

Bamsoet: FKPPI Akan Menjaga Tegaknya NKRI

Kamis, 31 Maret 2022 07:50 WIB
Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum FKPPI/Kepala Badan Bela Negara FKPPI Bambang Soesatyo (tengah) saat pelantikan Pengurus Pusat FKPPI 2021-2026 di Jakarta, Rabu (30/3/2022). (Foto: Istimewa)
Ketua MPR yang juga Wakil Ketua Umum FKPPI/Kepala Badan Bela Negara FKPPI Bambang Soesatyo (tengah) saat pelantikan Pengurus Pusat FKPPI 2021-2026 di Jakarta, Rabu (30/3/2022). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Bambang Soesatyo mengapresiasi dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terhadap keluarga besar Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI). Wakil Ketua Umum/Kepala Badan Bela Negara FKPPI ini memastikan, FKPPI akan menyukseskan agenda pemerintahan Presiden Jokowi, serta terus menjaga dan memperkuat jati diri bangsa, demi tetap tegaknya NKRI.

“Presiden Joko Widodo mengajak seluruh keluarga besar FKPPI untuk mewujudkan Indonesia Maju. Ajakan itu disambut seluruh kader FKPPI, kami akan menyukseskan berbagai program pembangunan pemerintah Indonesia Sentris, di antaranya pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur,” ujar Bamsoet, sapaan Bambang Soesatyo di sela pelantikan PP FKPPI 2021-2026, di Jakarta, kemarin.

Bamsoet menambahkan, dalam sambutan virtualnya di acara pelantikan Pengurus Pusat (PP) FKPPI 2021-2026, Presiden Jokowi mengatakan, keberadaan FKPPI di bawah kepemimpinan Ketua Umum Pontjo Sutowo, sangat istimewa sebagai wadah berkumpulnya anak bangsa yang memegang teguh Pancasila, NKRI, UUD 1945, dan Bhineka Tunggal Ika. Karenanya, sambung dia, keluarga besar FKPPI akan berada di garda terdepan dalam menghadapi berbagai gerakan anti toleransi yang mengadu domba suku, ras dan agama, serta berbagai tantangan yang mencoba memecah belah bangsa.

Baca juga : Dilantik Panglima TNI dan Kapolri, Bamsoet: FKPPI Penjaga Tegak Berdirinya NKRI

“Kepengurusan FKPPI terdiri dari berbagai tokoh lintas profesi, generasi, golongan, dan partai politik. Ini menunjukan sikap dasar FKPPI yang menerima keberagaman (pluralitas) sebagai wujud komitmen kebangsaan sekaligus jati diri FKPPI. Sebagai ‘die hard’ kebangsaan, FKPPI akan terus menjaga dan memperkuat watak dan jati diri tersebut, demi tetap tegak berdirinya NKRI,” jelas Ketua DPR ke-20 ini.

Menggelorakan semangat bela negara, sambung Bamsoet, FKPPI akan kembali menggelar Apel Kebangsaan Bela Negara FKPPI pada Tahun 2023. Apel Kebangsaan Bela Negara FKPPI yang diselenggarakan Desember 2017, Presiden Joko Widodo turun langsung menjadi Inspektur Upacara.

“Pada Apel Kebangsaan Bela Negara FKPPI 2023 diharapkan, Presiden Joko Widodo kembali hadir dan menjadi Inspektur Upacara,” harap dia.

Baca juga : Satgas Pangan Polri Pastikan Stok dan Harga Pangan Aman Jelang Ramadan

Sesuai kebijakan dan program umum FKPPI 2021-2026, sambung dia, keluarga besar FKPPI akan selalu mewaspadai dinamika perkembangan lingkungan strategis dan berbagai potensi kemungkinan ancaman bagi bangsa dan negara. Selain itu, FKPPI juga akan meningkatkan peran pengabdiannya dalam pembangunan bangsa dan negara, berdasarkan Pancasila sebagai ‘Titik Temu, Titik Tumpu, dan Titik Tuju’.

“Sebagai Titik Temu, Pancasila memungkinkan segala elemen bangsa bersatu. Sementara sebagai Titik Tumpu dan Titik Tuju, Pancasila menjadi landasan hukum serta arah kemana bangsa ini akan berlabuh,” jelas Wakil Ketua Umun Partai Golkar ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Pontjo Sutowo dilantik secara resmi sebagai Pengurus Pusat FKPPI 2021-2026. Pelantikan dilakukan oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mewakili Panglima TNI, bersama Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono mewakili Kapolri. Kemudian disusul sambutan utama oleh Presiden Joko Widodo setelah sambutan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga : Tinjau Pasar Minggu, Kapolri Pastikan Stok Minyak Curah Buat Warga Aman

Turut hadir antara lain, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, Danjen Kopassus Mayjen Widi Prasetijono, Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Wakabaintelkam Polri Irjen Pol Merdisyam, dan Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan. [ONI/TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.