Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Puan Siap Resmikan Proyek Sambungan Rumah Air Bersih Desa Gendayakan

Senin, 25 April 2022 21:23 WIB
Ketua DPR Puan Maharani/IG
Ketua DPR Puan Maharani/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani akan meresmikan proyek sambungan rumah air bersih di Desa Gendayakan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Selasa (26/4). Selama puluhan tahun, warga Desa Gendayakan dan sekitarnya kesulitan air bersih. 

“Masyarakat Desa Gandayakan selama ini sangat kesulitan air karena berada di kawasan kering dan berbatu gamping. Kita bersyukur pengerjaan proyek air bersih sudah selesai, sehingga dapat membantu kehidupan sehari-hari warga,” kata Puan, Senin (25/4).

Puan berharap, pembangunan Sarana Air Bersih di Desa Gendayakan bisa benar-benar memberi manfaat untuk warga. Sarana Air Bersih ini bisa terbangun karena gotong royong semua pihak baik dari Pemda, Perguruan Tinggi dan warga.

“Harapannya, warga Desa Gendayakan tidak perlu lagi berjalan jauh hanya untuk mendapatkan akses air bersih. Dan juga tidak perlu lagi mengandalkan air tanki bantuan,” kata Puan dalam keterangan tertulis, Senin (25/4).

Baca juga : Galaxy M53 5G Ramaikan Smartphone Dengan Foto dan Video Beresolusi Tinggi

Menurut Bupati Wonogiri Joko Sutopo, dari total warga yang selalu mengalami kesulitan air bersih, kini tinggal 20 persennya saja yang belum menikmati proyek air bersih.

“Sejak dulu Mbak Puan mendorong agar pemerintah daerah memprioritaskan program penanganan krisis air yang memang sangat penting dan mendesak,” kata Joko, Senin (25/4).

Menurut Joko, Puan secara simbolis akan meresmikan pemasangan sambungan rumah (SR) air bersih untuk 506 rumah warga. Program penanganan krisis air bersih ini sudah menjadi skala prioritas sejak 2017.

Kondisi geografis Desa Gendayakan memang berbukit-bukit dan berbatu kapur. Setiap musim kemarau, hampir bisa dipastikan Desa Gendayakan menjadi langganan kekeringan dan krisis air bersih. 

Baca juga : Kemampuan Literasi Dorong Peningkatan Produktivitas UMKM

Desa berada di Kecamatan Paranggupito ini terletak 68 kilometer dari Kota Wonogiri dan berada pada ketinggian 195 meter di atas permukaan laut. Wilayah Paranggupito masuk dalam gugus karst Pegunungan Sewu.

Sebelum peresmian proyek sambungan rumah air bersih di Desa Gendayakan, sejumlah terobosan pengadaan air bersih sudah dilakukan. Di antaranya, pengeboran sungai bawah tanah dan pemanfaatan sumber air yang sudah dinikmati sebagian warga Desa Gunturharjo dan Gudangharjo. 

Masalah akses air bersih yang belum merata, sudah menjadi perhatian Puan sejak masih menjabat Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan  Kebudayaan. 

Puan menyebut pentingnya menjaga kelestarian sumber air, terutama di wilayah-wilayah dengan geografis yang sulit air. Saat itu, Puan menggencarkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Baca juga : Lebaran Barengan Aminkan

“Satu hal penting dalam Gerakan Masyarakat Hidup Sehat adalah tersedianya air bersih dan sanitasi. Dengan tercukupinya air bersih dan sanitasi, saya harapkan pola hidup itu akan lebih baik juga,” tutur Puan.[REN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.