Dark/Light Mode

Catatan Bambang Soesatyo

Layani Dan Lindungi Pemudik Agar Semua Tiba Dengan Selamat

Rabu, 27 April 2022 11:48 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Semua akan tiba di tujuan dengan selamat untuk berlebaran di kampung halaman, jika puluhan juta pemudik mau bekerja sama dengan para petugas dari berbagai institusi yang siap melayani dan melindungi. Tertib berlalulintas dalam perjalanan mudik akan mewujudkan rasa nyaman dan aman.

Pada periode libur Lebaran tahun inilah puluhan juta keluarga Indonesia memperoleh kesempatan lagi untuk saling berjumpa dan mencurahkan rasa rindu satu sama lain, setelah selama dua tahun lebih harus menahan diri tidak dapat langsung bertatap muka. Kesempatan ini hendaknya tidak disia-siakan.

Kendati pandemi Covid-19 belum berakhir, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk melonggarkan beberapa aspek dari pembatasan sosial yang diberlakukan selama periode pandemi. Salah satu pelonggaran itu adalah kebijaksanaan membolehkan masyarakat mudik lebaran tahun ini, dengan syarat pelaku perjalanan mudik sudah menerima suntikan booster untuk memperkuat antibodi.

Baca juga : Jaminan Keamanan Pemudik Ke Sumatera

Pelonggaran dan syarat itu ternyata direspons dengan sangat antusias oleh semua elemen masyarakat. Warga pada semua lingkungan ramai-ramai berupaya mendapatkan suntikan booster. Hasilnya, cukup menakjubkan jika mengacu pada hasil penelitian antibodi tubuh terhadap virus atau sero survei pada Maret 2022.

Per Senin (18/4), Kementerian Kesehatan (Kemenkes) bersama Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) mengumumkan bahwa 99,2 persen masyarakat Indonesia sudah memiliki antibodi Covid-19, baik antibodi dari vaksinasi maupun infeksi. Capaian itu naik dari hasil sero survei pada Desember 2021 yang 88,6 persen.

Maka, perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah tahun ini sudah pasti akan lebih semarak dibanding perayaan dua tahun sebelumnya. Menyadari bahwa masyarakat sangat antusias untuk berlebaran di kampung halaman, kebijakan presiden membolehkan masyarakat melakukan perjalanan mudik pun sudah direspons berbagai institusi terkait.

Baca juga : Pertahanan Siber Dan Mitigasi Risiko Konsekuensi Logis Digitalisasi

Kepolisian Republik Indonesia dan Departemen Perhubungan telah berkoordinasi untuk upaya meminimalisir kemacetan lalu lintas kendaraan. Sejumlah institusi bahkan menyediakan dan melayani mudik gratis. Semua langkah persiapan itu tentu saja bertujuan mewujudkan rasa aman dan nyaman  bagi semua orang yang melakukan perjalanan mudik tahun ini.

Korps Lalu Lintas Polri bersama Departemen Perhubungan, termasuk PT Jasa Marga selaku pengelola jalan tol, sudah melakukan serangkaian persiapan untuk melayani dan melindungi pemudik. Persiapan itu juga melibatkan dinas-dinas terkait di sejumlah daerah yang akan dilalui atau daerah yang menjadi tujuan pemudik.

Dengan persiapan itu, semua berharap masyarakat yang melakukan perjalanan mudik tiba di kampung halaman dengan selamat dan bisa berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat. Agar perjalanan mudik nyaman, aman dan tertib, para pemudik diimbau untuk mengikuti arahan para petugas.

Baca juga : Tuntaskan Proses Hukum Kasus Spekulasi Mafia Barang Kebutuhan Pokok

Bagi Pemerintah, termasuk Korlantas Polri dan Jasa Marga, menyiapkan dan memberi layanan selama periode mudik Lebaran 2022 adalah kerja yang tidak bisa dibilang ringan. Sebab, dalam satu periode yang terbilang singkat atau dalam hitungan hari, puluhan juta orang plus puluhan jutaan kendaraan roda empat-roda dua serentak memenuhi berbagai ruas jalan di berbagai daerah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.