Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bamsoet Resmikan Monumen Empat Pilar MPR Di Bali

Jumat, 29 April 2022 22:46 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo meresmikan Monumen Empat Pilar MPR di Taman Agung Proklamasi, Bali, Jumat (29/4). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo meresmikan Monumen Empat Pilar MPR di Taman Agung Proklamasi, Bali, Jumat (29/4). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo meresmikan Monumen Empat Pilar MPR di Taman Agung Proklamasi, Bali, Jumat (29/4). Politisi yang akrab disapa Bamsoet ini menegaskan, tidak sekadar dalam bentuk fisik, nilai penting kehadiran Monumen Empat Pilar MPR tersebut juga untuk menjadi penyemangat dan penanda bahwa vaksinasi ideologi menggunakan vaksin Empat Pilar MPR harus terus digencarkan ke berbagai lapisan masyarakat. Sehingga bisa membangun imunitas jati diri dan karakter kebangsaan yang kuat dalam menangkal berbagai ancaman virus ideologi yang dapat memecah belah kemajemukan bangsa dan kedaulatan Indonesia.

"Empat Pilar MPR terdiri dari Pancasila sebagai dasar negara, landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa; UUD 1945 sebagai landasan konstitusional; NKRI sebagai konsensus bentuk kedaulatan negara; dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan pemersatu dalam kemajemukan bangsa," ujar Bamsoet, usai meresmikan Monumen Empat Pilar MPR.

Baca juga : Telkomsel Perkuat Jaringan Di Jalur Mudik

Acara turut dihadiri Ketua Umum Yayasan Mahendradatta Shri I Gusti Ngurah Wira Wedawitry, Rektor Universitas Mahendradatta Ni Ketut Wiratny, dan Ketua Yayasan Kepustakaan Bung Karno Gus Marhaen.

Ketua DPR ke-20 ini juga mengapresiasi kiprah Yayasan Kepustakaan Bung Karno di bawah kepemimpinan Gus Marhaen yang mengelola Taman Agung Proklamasi, Museum Agung Bung Karno, dan Museum Agung Pancasila. Seluruhnya berlokasi di Bali. Kehadirannya telah merawat barang-barang milik Bung Karno seperti koleksi buku, pidato, tulisan, sepeda, meja, hingga ranjang tidur.

Baca juga : Bamsoet Bagikan Ribuan Paket Sembako Melalui Pengurus Daerah Golkar Di Dapil Jateng VII

"Tidak hanya merawat benda fisik peninggalan Bung Karno, Yayasan Kepustakaan Bung Karno melalui berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Taman Agung Proklamasi, Museum Agung Bung Karno, dan Museum Agung Pancasila juga telah merawat semangat dan cita-cita Bung Karno dalam menjaga kemerdekaan Indonesia," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, kehadiran Taman Agung Proklamasi, Museum Agung Bung Karno, dan Museum Agung Pancasila juga bisa menjadi pilihan destinasi wisata yang menarik bagi para turis. Khususnya bagi turis yang ingin mengenal lebih jauh sosok Bung Karno sebagai pendiri sekaligus proklamator Indonesia.

Baca juga : Polda Metro Tegaskan Tak Ada Tilang Saat Ganjil Genap Di Tol

"Taman Agung Proklamasi, misalnya, disini terdapat miniatur kediaman Bung Karno yang terletak di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta, tempat bersejarah dibacakannya teks Proklamasi 17 Agustus 1945. Di lokasi aslinya, kediaman Bung Karno sudah tidak ada lagi, karena sudah dibangun Tugu Proklamasi. Jadi kalau ada yang ingin mengetahui seperti apa wujud kediaman Bung Karno tersebut, bisa datang ke Taman Agung Proklamasi, Bali," pungkas Bamsoet. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.