Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Soal Pelayanan Mudik 2022, Puan: DPR Apresiasi Kinerja Pemerintah Dan TNI-Polri

Selasa, 17 Mei 2022 19:45 WIB
Ketua DPR Puan Maharani/Ist
Ketua DPR Puan Maharani/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani mengapresiasi kerja Pemerintah dan seluruh pihak yang telah memberikan pelayanan mudik selama libur Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Hal itu disampaikan dalam pidato Sidang Paripurna Pembukaan Masa Persidangan V yang dibacakan Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, Selasa (17/5).

“DPR memberikan apresiasi kepada Pemerintah, TNI, Polri dan seluruh pihak, yang telah bekerja dengan dedikasi tinggi agar mudik tahun ini berjalan baik,” kata Puan.

Baca juga : Hari Raya Waisak, Puan: Momentum Saling Membantu Dan Jaga Kerukunan

Meski sudah berjalan baik, ada sejumlah catatan terkait belum maksimalnya layanan mudik 2022. Misalnya, rekayasa lalu lintas di jalan tol yang dilakukan belum sepenuhnya mencegah penumpukan kendaraan.

Hal ini sebelumnya juga diakui oleh Kementerian Perhubungan, yang menyatakan pelaksanaan mudik 2022 menghasilkan satu pergerakan yang sangat banyak, sehingga berdampak pada pelayanan yang belum maksimal. 

“Kami sampaikan permohonan maaf belum bisa memenuhi harapan semua pihak. Kami akan lakukan evaluasi agar kegiatan mudik dan juga kegiatan dimana akan ada pergerakan yang masif di masa yang akan datang, dapat diantisipasi dengan lebih baik,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Baca juga : Masyarakat Puas Kinerja Pemerintah Dan Polisi Tangani Arus Mudik Lebaran 2022

Perayaan Idul Fitri tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena bisa dirayakan bersama sanak keluarga di kampung halaman. Setelah dua tahun dilarang, Pemerintah mencabut larangan Mudik Lebaran tahun ini dengan pertimbangan ada tren penurunan kasus Covid-19.

"Pencapaian yang kondusif ini, tidak terlepas dari kerja bersama, gotong royong dalam menangani Pandemi Covid-19,” jelasnya.

Menurutnya, kerja bersama, gotong royong, yang telah dilakukan memberikan dampak positif yang memperlihatkan kasus Covid-19 terus mengalami tren penurunan, vaksinasi yang terus meningkat, dan kegiatan sosial serta ekonomi masyarakat mulai kembali pulih secara bertahap.

Baca juga : Mendag: Hentikan Perang, Dunia Butuh Kerja Sama Dan Kolaborasi

Puan menyebut, semangat gotong royong menghadapi pandemi Covid-19 merupakan kekuatan nasional yang harus dipertahankan. Dia juga berharap, pemulihan sosial dan ekonomi menjadi semakin baik pada tahun 2023.

“Dengan perkembangan situasi pandemi Covid-19 saat ini dan penanganan dampak yang semakin kondusif, pada 2023 diharapkan pemulihan sosial dan ekonomi sudah akan semakin baik. Ancaman Covid-19 telah berkurang, walaupun tetap perlu diantisipasi,” ucap Puan.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.