Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hari Raya Waisak, Puan: Momentum Saling Membantu Dan Jaga Kerukunan

Senin, 16 Mei 2022 12:40 WIB
Ketua DPR Puan Maharani/IG
Ketua DPR Puan Maharani/IG

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua DPR Puan Maharani mengucapkan selamat Hari Raya Waisak bagi seluruh umat Buddha di Indonesia.

Memperingati Waisak tahun ini, Puan mengajak umat Buddha membangun nilai-nilai luhur bangsa, sekaligus merefleksikan kembali ajaran-ajaran Sidharta Buddha Gautama.

Puan mengatakan, ajaran Sidharta Buddha Gautama yang berisi nilai-nilai universal, falsafah kehidupan mendalam, serta pencerahan tentang hakekat dan makna kehidupan umat Buddha yang sejati itu sesuai tema Waisak Nasional 2022 yakni “Moderasi Untuk Indonesia Bahagia“. 

Baca juga : Pupuk Organik Bantu Petani Di Jawa Tengah Kembangkan Budidaya Pertanian

"Secara garis besar, Waisak tahun ini mengingatkan kita untuk lebih dan terus menjaga dan memelihara kerukunan atau moderasi antarumat beragama," kata Puan, Senin (16/5).

Puan menjelaskan, nilai-nilai universal dharma Sang Buddha tersebut penting artinya dalam membangun bangsa yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian. 

“Saya mengajak Saudara-Saudara umat Buddha senantiasa merenungkan kembali apa yang telah disampaikan Sang Buddha dan menebarkan kebaikan kepada sesama," ajak Puan.

Baca juga : Kemendagri Berupaya Tingkatkan Kualitas Pegawai Dan Pelayanan

Mantan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ini mengatakan, Waisak tahun ini dirayakan masih dalam situasi pandemi Covid-19.  Oleh karena itu, ajaran Buddha untuk saling membantu di masa sulit ini sangat relevan. 

“Pendidikan Buddhist dengan tujuan keadilan sosial dan perdamaian dunia adalah tekad yang ingin dibentuk oleh umat Buddha," kata Puan.

Mengutip pidato Presiden Pertama RI, Soekarno, Puan juga mengajak umat Buddha dan segenap rakyat hendaknya ber-Tuhan secara kebudayaan, yakni dengan tiada "egoisme-agama". Dan hendaknya negara Indonesia satu negara yang bertuhan. 

Baca juga : Silahturahmi Keberagaman Untuk Toleransi Dan Kerukunan

“Marilah kita amalkan dan jalani kehidupan beragama dengan cara yang berkeadaban, yaitu dengan hormat-menghormati satu sama lain,” ajak perempuan pertama yang menjadi Menko ini.

Puan juga mengajak seluruh umat Buddha menjadikan peringatan Hari Suci Waisak tahun ini sebagai momentum membangun nilai-nilai luhur bangsa untuk tetap menjaga sesanti yang ditulis dalam kitab Sutasoma, Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrwa. 

“Selamat Tri Suci Waisak. Semoga semua makhluk selalu hidup tenang, tentram dan berbahagia,” ujar politisi perempuan yang juga cucu Soekarno ini.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.