Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

DPR: Investasi Telkomsel di GOTO Sudah Sesuai Prosedur

Rabu, 15 Juni 2022 11:06 WIB
Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade. (Foto: Dok/Man)
Anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade. (Foto: Dok/Man)

RM.id  Rakyat Merdeka - Panitia Kerja (Panja) Komisi VI DPR terkait Investasi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di Perusahaan Digital akhirnya di gelar kemarin, Selasa (14/6/2022). Rapat digelar secara tertutup.

Anggota Komisi VI DPR Fraksi Gerindra Andre Rosiade mengungkapkan, Panja ingin mendengar secara langsung penjelasan direksi PT Telkom Indonesia (Telkom) mengenai investasi PT Telkomsel di PT Goto Gojek Tokopedia Tbk (GOTO).

Adapun pemanggilan ini baru yang pertama, sehingga dibutuhkan waktu, paling tidak hingga Agustus untuk menuntaskan persoalan ini.

Ke depan, Andre bilang, Panja Investasi BUMN akan memanggil pakar untuk mendapatkan hasil yang didapatkan komprehensif.

Baca juga : Dongkrak Daya Saing, Investasi Telkom Di GOTO Diklaim Untung Rp 949 Miliar

"Tadi Dirut Telkom dan Telkomsel sudah menjelaskan. InsyaAllah, investasi tersebut sudah sesuai prosedur yang berlaku," ujar Andre di gedung DPR, Selasa, (14/6).

Menurut Andre, persoalan investasi Telkom di GoTo cukup dibahas melalui Panja, sebab, investasi di perusahaan teknologi itu dilakukan oleh Telkomsel yang merupakan anak usaha PT Telkom.

"Karena ini bukan BUMN, tapi anak perusahaan, cukup Panja. Kalau Pansus takutnya politisasi, kalau Panja bisa diawasi evaluasi yang mendalam," ujar Andre.

Melalui Panja ini, Andre menambahkan, DPR juga ingin mengetahui apakah investasi Telkomsel di GoTo sudah melalui proses Good Corporate Governance (GCG) atau tidak.

Baca juga : Investasi Telkomsel Cuan Rp 805 Milyar

Maka itu, pihaknya mengundang Dirut Telkom dan Telkomsel untuk menjelaskan, bagaimana proses investasi di GoTo sejak 2020 hingga sekarang. Selain itu, melalui Panja, DPR ingin mendalami lebih jauh potensi keuntungan dari investasi yang dilakukan oleh Telkomsel.

"Kita ingin tahu, apakah Telkom dan Telkomsel ini saat investasi di GOTO mempertimbangkan Undang-undang, KUHP, dan peraturan internal yang berlaku atau tidak,” imbuh Andre.

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah menjelaskan, bahwa investasi di GOTO, atau dahulu PT Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek), sudah sesuai dengan Good Corporate Governance (GCG).

"Kami sudah menjelaskan soal ekspansi di GOTO, yang kami yakini proses itu sudah memenuhi berbagai prinsip GCG yang berlaku," ungkap Ririek usai rapat Panja di Jakarta, Selasa (14/6/2022).

Baca juga : Investasi Telkomsel di GoTo Dipastikan Dengan Seleksi Ketat

Lebih jauh Ririek menegaskan, proses investasi di GOTO sudah melalui berbagai proses dan inisiasi yang dilakukan oleh tim. Ririek menjelaskan kalau ide awal untuk investasi ini dimulai oleh Telkomsel yang sudah disetujui oleh pemilik saham lain, seperti Singtel.

"Singtel juga menginisiasi ini, apalagi mereka lebih pengalaman dan independen, kemudian sampai berbagai proses yang sesuai dengan aturan. Kami memastikan proses ini tidak melibatkan Komisaris Telkom apalagi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," tegas Ririek.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.