Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kasus Polisi Tembak Polisi

Bamsoet Minta Para Pihak Tahan Diri dan Percayakan Ke Timsus Bentukan Kapolri

Rabu, 13 Juli 2022 20:52 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta kepada para pihak menahan diri terkait insiden penembakan oleh Bharada E yang menewaskan Brigadir Nopriansah Yosua Hutabarat di rumah Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo. Politisi yang akrab disapa Bamsoet ini meminta para pihak untuk mempercayakan penanganan kasus ini ke tim khusus yang sudah dibentuk Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Kita dukung Kapolri yang telah membentuk tim khususnya dengan melibatkan Kompolnas dan Komnas HAM untuk membuat terang kasus ini. Yakinlah Polri di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang saat ini bekerja dengan profesional, objektif, transparan dengan mengedepankan metode Scientific Crime Investigation yang sejalan dengan slogan Polri saat ini, Polri Presisi," ucap Bamsoet di Jakarta, Rabu (13/7).

Baca juga : Menko Polhukam Dukung Kapolri Bentuk Tim Khusus

Ketua DPR ke-20 ini memberi dukungan kepada Polri dalam menuntaskan penembakan yang terjadi antar anggota polisi. terutama kepada Kapolri dan tim khusus yang sudah mulai bekerja. "Saya prihatin atas peristiwa yang menjadi atensi dari banyak pihak dan secara khusus berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang memberikan atensi dan secara tegas meminta proses hukum dilakukan terkait kasus penembakan ini,” imbuh Bamsoet.

Menurut Bamsoet, pernyataan yang disampaikan Jokowi di Subang, Selasa kemarin, harus menjadi penyemangat bagi Kapolri untuk menuntaskan kasus ini. Sebab, saat ini masyarakat menunggu kejelasan peristiwa ini.

Baca juga : Biar Nggak Ada Curiga, Buka Semua Jenderal..!

“Arahan tersebut harus segera ditindaklanjuti untuk menjamin kepastian dalam penegakan hukum. Selain menjamin kepastian hukum bagi pihak keluarga dan masyarakat, tentu juga tetap menjaga kaidah- kaidah yang mempertimbangkan kaum rentan (khususnya secara psikologis) yakni Ibu Putri Ferdy Sambo, sebaiknya langsung diadakan konseling dan pendampingan untuk menghindari traumaistis,” tambah Bamsoet.

Kepada masyarakat, Bamsoet mengajak untuk ambil hikmah dari kejadian ini. “Kita kedepankan asas praduga tak bersalah dan jangan menjustifikasi secara berlebihan,” imbuhnya.

Baca juga : Kepala BNPT Minta Praja IPDN Deteksi Dini Gerakan Radikalisme

"Ini yang bisa saya sampaikan dalam menghadapi masa sulit ini. Kita sabar menunggu informasi periodik yang akan disampaikan Polri," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.