Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terima GM FKPPI

Ketua MPR Dorong Pembentukan Karakter Generasi Muda Berjiwa Pancasila

Selasa, 12 Juli 2022 20:59 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) menerima pengurus GM FKPPI, di Jakarta, Selasa (12/7). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) menerima pengurus GM FKPPI, di Jakarta, Selasa (12/7). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR sekaligus Wakil Ketua Umum Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI Polri (FKPPI) Bambang Soesatyo bersama Generasi Muda FKPPI (GM FKPPI) akan menyelenggarakan Sosialisasi Empat Pilar MPR terhadap seribu kader GM FKPPI. Selain untuk memperkuat semangat kebangsaan, juga untuk membentuk karakter generasi muda bangsa yang berjiwa Pancasila, dan berhati Indonesia.

Sebelum acara ini, terlebih dahulu GM FKPPI akan menyelenggarakan pelantikan dan pengukuhan kepengurusan pada September 2022. “Hal ini untuk memperkuat konsolidasi organisasi sekaligus memantapkan langkah perjuangan GM FKPPI sebagai bagian dari keluarga besar FKPPI yang turut menjaga dan setia pada Sapta Marga sebagai doktrin prajurit TNI serta Tribrata dan Catur Prasetya sebagai doktrin anggota Polri, dalam menghadapi berbagai tantangan yang mencoba memecah belah bangsa," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai menerima pengurus GM FKPPI, di Jakarta, Selasa (12/7).

Baca juga : Kepala BNPT Dan Meutia Hatta: Pendidikan Karakter Jadi Jurus Utama Bendung Ideologi Transnasional

Pengurus GM FKPPI yang hadir antara lain Ketua Umum Shandy Mandela, Wakil Ketua Umum Yudhatama, Bendahara Umum Ali Ghiffar Rinanto, Ketua Kajian Strategis Binar Arfa Darumaya, Ketua Informatika Ruandi Maulana, dan Anggota Departemen Informatika Aloysius Bimo.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, dengan dukungan GM FKPPI, Keluarga Besar FKPPI pada Agustus 2023 berencana menyelenggarakan Apel Kebangsaan Bela Negara, menghadirkan 20.000 kader FKPPI dari berbagai daerah di lapangan Tugu Monas. Sebagai kelanjutan dari Apel Kebangsaan Bela Negara FKPPI yang sukses diselenggarakan pada Desember 2017, dengan turut menghadirkan Presiden Joko Widodo sebagai Inspektur Upacara.

Baca juga : Bamsoet Dorong Pemerintah Segera Atasi Tingginya Harga Avtur

"Apel Kebangsaan Bela Negara FKPPI 2023 juga ditujukan untuk menyambut Pemilu 2024. Sehingga bangsa Indonesia bisa menjadikan Pemilu sebagai pesta demokrasi rakyat yang harus disambut dengan suka cita, bukan justru membawa petaka. Melalui Pemilu, kita tebarkan kegembiraan dalam keberagaman, bukan malah menyebarkan kebencian dalam permusuhan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, Keluarga Besar FKPPI juga sedang menjajaki kerja sama dengan Kementerian Pertahanan untuk memasifkan pentingnya menumbuhkan sikap Bela Negara kepada generasi muda. Salah satu wujud konkritnya, FKPPI akan mengirimkan seribu kader mudanya untuk mengikuti pendidikan Bela Negara dari Kementerian Pertahanan.

Baca juga : Bamsoet Dorong Perusahaan Pers Suarakan Narasi Kebangsaan

Bamsoet memastikan, Keluarga Besar FKPPI juga siap sedia mengirimkan kader muda kebanggaannya untuk terlibat dalam pembentukan Komponen Cadangan (Komcad) yang diselenggarakan Kementerian Pertahanan. Mengingat adagium klasik civis pacem para bellum, jika ingin damai maka harus siap untuk berperang.

“Doktrin ini bukanlah berarti setiap negara menginginkan peperangan, melainkan agar setiap negara mempersiapkan kekuatan tempur militernya, dengan turut ditunjang komponen cadangan dari warga sipil. Bukan hanya untuk mewujudkan pertahanan yang kuat dengan konsep Pertahanan Rakyat Semesta, keberadaan Komponen Cadangan juga dapat memiliki efek gentar (deterrence effect) terhadap para musuh negara," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.