Dark/Light Mode

Wow! DPR Anggarkan Hampir Rp 1 Miliar Buat Pengadaan Kalender

Jumat, 26 Agustus 2022 18:16 WIB
Gedung DPR. (Foto: Ist)
Gedung DPR. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - DPR kembali menggegerkan publik lewat sejumlah penganggaran pengadaan barang. Terbaru, melalui Kesetjenan, Senayan menganggarkan pengadaan kalender dari APBN 2022 dengan nilai yang bikin kepala geleng-geleng.

Berapa sih? Anggaran pengadaan kalender tersebut mencapai Rp 955 juta! 

Baca juga : Penetapan Harga Gas 7 Dolar AS Per MMBTU Bisa Kerek Penerimaan Negara

Seperti dilihat dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) DPR, pembelian kalender tertuang dalam kode tender 739087 yang berjudul 'Pencetakan Kalender DPR RI'.

"Tahun anggaran APBN 2022. Nilai pagu paket Rp 955.737.000,00. Nilai HPS (harga perkiraan sendiri) paket Rp 901.875.000,00," demikian bunyi dalam situs LPSE DPR RI, Jumat (28/8).

Baca juga : Harga Casemiro Rp 1,1 Triliun Dinilai Kemahalan

Menurut keterangan dalam situs, saat ini pengadaan kalender tersebut dalam tahap pengumuman pasca kualifikasi tender. Tender diikuti oleh 55 peserta.

Rencananya, evaluasi administrasi, kualifikasi, teknis, dan harga penawaran peserta tender dilakukan pada 5 September mendatang. Sementara pengumuman dan penetapan pemenang pada 13 September.

Baca juga : Dukung Gerakan Pramuka, PUPR Rehabilitasi Bumi Perkemahan Cibubur

Sebelumnya, DPR telah menuai sorotan usai menganggarkan jumlah fantastis untuk gorden baru rumah dinas DPR mencapai Rp 48,7 miliar. Namun setelah banjir kritik, pengadaan gorden tersebut dibatalkan. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.