Dark/Light Mode

Biar Naik Kelas

Melani Suharli Dorong UMKM Go Digital Pasarkan Produknya

Minggu, 11 September 2022 09:30 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Nah, program sosialisasi pemasyarakatan konsultasi bisnis bagi wirausaha ini dirancang untuk mempercepat pengembangan perusahaan di bidang bisnis.

Program ini membuka wawasan, membina, membantu penyediaan sarpras usaha, tempat pengembangan usaha, dukungan manajemen, dan mentor atau konsultasi gratis bagi para pelaku UMKM.

"Kita beruntung Komisi VI bermitra dengan Kementerian UKM, sehingga bisa mendapatkan program sosialisasi ini," imbuh Melani.

Baca juga : Dorong Bisnis UMKM, BCA Genjot Pembiayaan Perbankan

Mantan Wakil Ketua MPR ini kemudian menjelaskan empat tahap dalam melakukan wirausaha. Pertama, memulai. Pada tahap ini, seseorang harus mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

"Tentunya persiapkan dengan semangat. Kita bisa apa? Masak nggak bisa, tapi bisa cuap-cuap, bujuk orang beli. Itu suatu skill. Anugerah juga. Nah, kita bisa bergandengan dengan yang pintar masak," urainya.

Tahap kedua, melaksanakan usaha. Pada tahap ini, seorang wirausahawan mengelola berbagai aspek. Seperti, pembiayaan, SDM, kepemilikan, organisasi, kepemimpinan yang meliputi bagaimana manajemen resiko, mengambil keputusan, pemasaran dan melakukan evaluasi.

Baca juga : Melani Suharli Fasilitasi UMKM Di Jaksel Dan Jakpus Dapat Sertifikasi SNI

Berikutnya ketiga, tahap mempertahankan usaha. Pada tahap ini, wirausahawan melakukan analisis perkembangan yang dicapai untuk ditindaklanjuti sesuai dengan kondisi yang dihadapi. "Istilahnya, tahan banting, supaya usahanya tetap jalan," tutur Melani.

Dan tahap terakhir atau keempat, adalah mengembangkan usaha. Untuk itu, dibutuhkan inovasi-inovasi. Melani mencontohkan, saat menghadiri syukuran HUT Partai Demokrat, dia melihat tumpeng berwarna biru. Padahal umumnya, tumpeng berwarna kuning.

"Ternyata itu dari pohon telang, yang katanya untuk mata bayi. Kuenya semua juga biru. Nah seperti ini, kita harus memulai inovasi-inovasi. Jadi bisa melakukan perluasan usaha," ucap Melani.

Baca juga : Dorong UMKM Go Digital, Teten Gaet Jagoan Internet Marketer

Diungkapkan Melani, menurut RPJMN 2020-2024, rasio kewirausahaan Indonesia pada tahun 2019 sebesar 3,4 persen. Pada 2024 diharapkan dapat mencapai 4 persen atau sebanyak 11,2 juta orang atau 17,45 persen dari seluruh pelaku UMKM.

Sisanya, sebesar 82,55 persen pelaku UMKM belum memiliki kualitas kewirausahaan yang baik. Indonesia juga memiliki tingkat partisipasi wirausaha pemula yang tinggi yang ditunjukkan dengan tingginya individu yang memulai usaha baru.

Namun, tingkat partisipasi wirausaha pemula ternyata tidak berbanding lurus dengan keinginan atau aspirasi para wirausahawan untuk berkembang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.