Dark/Light Mode

Biar Naik Kelas

Melani Suharli Dorong UMKM Go Digital Pasarkan Produknya

Minggu, 11 September 2022 09:30 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
"Tingginya minat melakukan usaha tidak dibarengi penyerapan tenaga kerja dari usaha baru dan keinginan pelaku usaha untuk memasuki pasar global dan melakukan ekspor cenderung rendah," sesalnya.

Karakter wirausaha dapat diukur dari kemampuannya melihat peluang dan meningkatkan nilai tambah dan kemampuan inovasi dan nilai tambah, serta kemampuan untuk mengambil resiko.

"Dengan makin banyak unit usaha di Indonesia dengan tingkat kewirausahaan yang masih rendah menunjukkan persoalan kualitas kewirausahaan. Jadi sulit bagi UMKM naik kelas," papar Melani.

Baca juga : Dorong Bisnis UMKM, BCA Genjot Pembiayaan Perbankan

Hal tersebut, kata Melani, merupakan pekerjaan rumah alias PR bagi kita semua.

"Data-data bukan berarti membuat kita ciut, tetapi justru menjadi penyemangat, terutama bagi para pelaku UMKM di Jakarta Pusat dan selatan yang berada di Dapil saya. Saya berharap kegiatan ini semoga membuka wawasan kita semua," harap Melani.

"Maju terus UMKM kita, Go digital UMKM, sukses untuk kita semua," sambung Melani menutup sambutannya, yang disambut riuh tepuk tangan sekitar 70 pelaku UMKM yang menghadiri acara tersebut.

Baca juga : Melani Suharli Fasilitasi UMKM Di Jaksel Dan Jakpus Dapat Sertifikasi SNI

Senada, Anggota DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad Johan juga menyatakan, kendala-kendala yang dipaparkan Melani, adalah sebuah tantangan bagi para pelaku UMKM dan pemerintah.

"UMKM kita sulit naik kelas. Itu tantangan. UMKM itu tangguh. Badai krismon 98, yang bertahan UMKM, konglomerasi malah rontok," ujarnya.

Kini di era pandemi, salah satu yang bisa dilakukan UMKM adalah dengan mentransformasi pemasaran atau marketing produknya menjadi digital.

Baca juga : Dorong UMKM Go Digital, Teten Gaet Jagoan Internet Marketer

"Saya penikmat ojek online untuk pesan makanan. Jarang makan di tempat. Ini perubahan perilaku. Kalau lihat toko-toko, restoran sepi, tapi ojolnya banyak, artinya dia melakukan transformasi," tutur Ali.

"Manfaatkan perubahan karakter yang sekarang sudah bertransformasi. UMKM, apapun itu, harus pandai bertransformasi," imbuh anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta ini.

Ali kemudian mencontohkan brand clothing lokal Erigo yang mampu menembus New York Fashion Week. Keberhasilan itu tak lepas dari kerja samanya dengan Shopee dalam memasarkan produknya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.