Dark/Light Mode

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid

Islam Turut Berperan Dalam Perjalanan Bangsa Indonesia

Kamis, 25 Juli 2019 20:06 WIB
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (Foto: Humas MPR)
Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid (Foto: Humas MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid (HNW) melihat masih ada pandangan  yang menafikan peran dan kiprah umat Islam, dalam membangun Indonesia. Menurut HNW, minimnya pemahaman tentang Islam mesti disikapi secara bijak.

“Faktanya, umat Islam Indonesia merupakan salah satu elemen besar di Indonesia yang berperan besar bagi perjalanan sejarah negara Indonesia, terutama di era perjuangan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Dilanjutkan di era proses terbentuknya negara Indonesia, termasuk proses perumusan dasar dan ideologi negara, hingga peran mengisi kemerdekaan yang berlangsung sampai sekarang," ujar HNW saat melakukan audiensi dengan rombongan delegasi Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM), yang dipimpin Sekretaris Jenderal DPP IMM Muhammad Robbi, di Gedung Nusantara III, Kompleks Gedung MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta, Kamis (25/7).

Baca juga : Awas, Bahaya Pemikiran Intoleransi Dalam Gerakan Politik

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu kemudian memberi contoh peran serta kiprah umat Islam yang tertoreh dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Antara lain keluarnya fatwa jihad Hadratussyekh KH Hasyim Asy’ari pada peristiwa pertempuran 10 November 1945, yang menyerukan umat muslim untuk keluar berjihad melawan penjajah. 

Lalu, keluarnya mosi integral pada tahun 1950, yang digagas seorang ulama sekaligus politikus hebat masa itu Mohammad Natsir. Mosi Integral Natsir merupakan peristiwa politik yang menjadi cikal bakal terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dari sebelumnya negara bagian atau Republik Indonesia Serikat (RIS).

Baca juga : DPD Dorong Kesejahteraan Wilayah Perbatasan dan Indonesia Timur

“Dan masih banyak lagi peran-peran penting umat Islam, bahkan hingga kini peran serta kiprah umat Islam Indonesia masih terus mewarnai.  Sebut saja ormas-ormas besar Islam seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah. Begitu besar peran dua ormas besar tersebut dalam bidang pendidikan, kesehatan, kemasyarakatan, dan lainnya,” tambahnya.

HNW menegaskan, berbagai pemahaman tersebut harus terus disampaikan kepada masyarakat Indonesia. Harus diingatkan, bahwa fakta perjalanan bangsa Indonesia hingga saat ini tak hanya diisi oleh satu pihak. Ada banyak pihak yang menyatu dalam bingkai kesamaan tujuan, demi kemajuan Indonesia.

Baca juga : Wartawan Inspirasional, Holdan Nalayeh,Tewas Dalam Serangan Dahsyat di Hotel Somalia

“Selain itu, pemahaman dan pencerahan tersebut juga untuk menepis pandangan miring kepada Islam. Jangan karena perbuatan segelintir oknum yang kebetulan beragama Islam, lalu nama Islam menjadi jelek. Jangan sampai perbuatan segelintir oknum yang salah seperti aksi terorisme, radikalisme digeneralisir ke agama Islamnya,” jelas HNW.

"Semoga, generasi muda Indonesia menyadari bahwa berbagai elemen bangsa - salah satunya umat Islam - memiliki peran yang sama penting dalam setiap era. Baik masa lalu, kini, dan yang akan datang. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.