Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

HNW Minta KemenPPPA Serius Tangani Kasus Gagal Ginjal Anak

Selasa, 18 Oktober 2022 08:45 WIB
Wakil Ketua MPR sekaligus Anggota DPR Komisi VIII yang antara lain membidangi urusan anak, Hidayat Nur Wahid. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR sekaligus Anggota DPR Komisi VIII yang antara lain membidangi urusan anak, Hidayat Nur Wahid. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR sekaligus Anggota DPR Komisi VIII yang antara lain membidangi urusan anak, Hidayat Nur Wahid, meminta Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) untuk mengambil tanggung jawab dengan memaksimalkan peran koordinasi dalam kasus terus terjadinya gagal ginjal akut misterius yang menyerang anak-anak Indonesia.

HNW sapaan akrabnya menilai kejadian tersebut sudah cukup masif dan meluas, sehingga dibutuhkan penanganan lintas Kementerian dan Lembaga yang terkoordinasi dengan baik.

"Saya turut prihatin, sudah ratusan anak yang terkena gagal ginjal akut misterius. Oleh karena itu penting bagi KemenPPPA untuk mengambil tanggung jawab sesuai Tupoksinya, dengan mengoptimalkan koordinasi intensif dengan Kemenkes, IDAI, BPOM, dan para orang tua, sehingga penyakit ini bisa dicegah dan dihentikan, agar merasa aman dan selamat lah anak-anak Indonesia, para generasi penerus bangsa," ungkap Hidayat dalam keterangannya di Jakarta, Senin (18/10).

Baca juga : KSP: Pemerintah Bentuk Tim Selidiki Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak

Berdasarkan data Kemenkes, setidaknya sudah 152 anak yang terkena gangguan ginjal akut misterius. Penyakit itu ditemukan sudah menyebar di 16 Provinsi di Indonesia. Tingkat kematian gagal ginjal akut cukup mengkhawatirkan.

Di DKI Jakarta misalnya, dari 42 kasus pada anak, 25 anak di antaranya meninggal dunia atau sekitar 60 persen.

Penyakit ini harus segera diidentifikasi penyebabnya, dan kemudian dijelaskan bagaimana penanganan dan pencegahannya, serta edukasi kepada para orang tua terkait cara menyikapinya.

Baca juga : Atasi, Cari Tahu Penyebabnya

"Kompleksitas ini sangat membutuhkan koordinasi yang kami harapkan bisa dimaksimalkan oleh KemenPPPA," sambungnya.

Hidayat yang merupakan Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini menyebutkan setidaknya ada beberapa institusi yang bersinggungan dengan kasus ini, yakni Kementerian Kesehatan dan Ikatan Dokter Anak Indonesia untuk penanganannya, BPOM untuk pengecekan kandungan obat-obatan anak, Kemendagri dan Pemerintah Daerah terkait pendataan pasien di daerah, dan kader-kader Posyandu untuk sosialisasi ke masyarakat. Tentu juga peran keluarga dan orang tua, baik dalam aspek pencegahan maupun penyembuhan.

Dirinya berharap sejumlah kementerian dan lembaga tersebut bisa fokus pada tugasnya masing-masing tanpa disktraksi sektoral. Untuk itu KemenPPPA harus mengambil inisiatif tanggung jawab dalam mengoordinasikan kegiatan tersebut secara lebih komprehensif dan lintas sektor.

Baca juga : Penyebab Ginjal Akut Anak Masih Misterius

Karena memang salah satu misi KemenPPPA adalah mengoordinasikan pelaksanaan penanganan dan perlindungan khusus anak.

"Sesuai Tupoksinya, KemenPPPA harus maju ke depan, mengambil inisiatif dan membuktikan kemampuannya dalam melakukan koordinasi lintas sektor terkait penanganan gangguan ginjal akut misterius pada anak ini, sehingga ke depan KemenPPPA yang spesifik ini, bisa semakin dipercaya untuk diperkuat kewenangan dan anggarannya," pungkasnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.