Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

131 Anak Kena Gagal Ginjal Akut

Atasi, Cari Tahu Penyebabnya

Minggu, 16 Oktober 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan mendesak Pemerintah serius mengatasi kasus gagal ginjal akut yang menimpa 131 anak di Indonesia. Bentuk satuan tugas gabungan melibatkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), rumah sakit, dan para dokter.

Anggota Komisi IX DPR Kurniasih Mufidayati mengingatkan, kasus gagal ginjal akut ini menurut WHO disebabkan oleh obat-obatan anak. Seperti kasus yang terjadi di Gambia. Maka, perlu melibatkan BPOM guna meneliti peredaran obat anak di Indonesia.

Baca juga : Penyebab Ginjal Akut Anak Masih Misterius

“Pelibatan BPOM untuk melakukan pemeriksaan kem­bali atas kandungan obat untuk anak yang diduga menjadi pemicu gagal ginjal akut pada anak ini. Termasuk obat-obatan anak yang dijual bebas,” ujar Kurniasih dalam keterangannya, kemarin.

Kurniasih bilang, penyebab ka­sus gagal ginjal ini di Indonesia penyebabnya masih menjadi misteri. Perlu pelibatan semua pihak untuk melakukan mitigasi di semua sektor. Termasuk, dari sisi penelitian perlu untuk me­lihat lebih pasti apa penyebab­nya.

Baca juga : Duh, 152 Anak Alami Ginjal Akut Di 16 Provinsi

Dia menyarankan pemerintah intensif berkomunikasi dengan WHO dan belajar dari Gambia yang sudah lebih dulu memiliki kasus serupa. “Setelah tata laksana diterbitkan Kemenkes, semua stakeholder harus ber­siap diri,” imbuh politikus PKS ini.

Para orang tua, lanjutnya, juga harus selalu berkonsul­tasi dengan dokter dan tenaga kesehatan dalam memberikan obat-obatan untuk anak. Apalagi kini ada layanan pembelian obat secara daring yang bisa diper­oleh dengan mudah.

Baca juga : Tren Kasus Gagal Ginjal Akut Pada Anak Meningkat, Prof. Tjandra Sarankan 8 Hal Ini

“Membeli obat secara daring juga ada tata caranya yang sudah dijabarkan oleh BPOM. Periksa kembali agar semuanya aman,” sebut Kurniasih.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menambahkan, upaya menemukan penyebab gangguan ginjal akut pada anak harus terus dilakukan. Para pemangku kepentingan dan masyarakat harus terus meningkatkan ke­waspadaan untuk mencegah penyakit tersebut menyebar lebih luas.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.