Dark/Light Mode

Gelar Konferensi Dunia Di Bandung

MPR Bangkitkan Spirit KAA

Senin, 24 Oktober 2022 07:55 WIB
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Dia memastikan, Forum MPR Dunia tidak akan tumpang tindih dengan forum-forum parlemen yang sudah ada selama ini. Pasalnya, forum ini akan lebih banyak membicarakan kerja sama antar-majelis permusyara­tan dan masalah-masalah perda­maian dunia.

Fadel menegaskan, konferensi ini sangat penting. Melalui forum ini akan keluar ide-ide luar biasa dalam lingkup dunia. Setiap negara diberikan kesempatan sekitar 15-20 menit untuk bicara, menyampaikan pandangan ten­tang Forum MPR Dunia, mewu­judkan perdamaian, persahaba­tan, dan kerja sama dunia.

“Bisa saja dalam momen itu dibicarakan tentang masalah krisis global dan apa solusinya,” imbuhnya.

Baca juga : Lagi, Garuda Muda Raih Kemenangan Sempurna

Selanjutnya pada 26 Oktober, kata Fadel, ada sesi pernyataan bersama yang berisi lima poin. Intinya, semua negara peserta sepakat, pasca konferensi akan terbentuk satu kerja sama internasional negara-negara Asia Afrika.

“Saya berharap semua itu terwujud. Untuk itu, mohon doa kepada seluruh rakyat Indonesia agar acara ini lancar,” harap­nya.

Wakil Ketua MPR Syarief Hasan mengatakan, kehadiran Forum MPR Dunia akan me­lengkapi dan menguatkan peran Indonesia di berbagai organisasi dunia seperti Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), Organisasi Kerja Sama Islam, Liga Muslim Dunia.

Baca juga : Ganjar Pranowo Serukan Piknik Lokal Untuk Bangkitkan UMKM

Keberadaan forum ini diharap­kan lebih mendunia sehingga Indonesia kembali memainkan peran sentral dalam organisasi dunia dan gerakan internasional.

“Pendahulu kita pernah meng­gagas ASEAN, Gerakan Non Blok, sampai yang fenomenal yakni Konferensi Asia Afrika,” ujar Syarief.

Menurut Syarief, bila Forum MPR Dunia terbentuk dan bisa berperan aktif di dunia internasional, ini merupakan kebanggaan bagi rakyat. Karena MPR mampu memberikan kontribusi buat rakyat Indonesia maupun masyarakat dunia.

Baca juga : Gubernur Kaltim Apresiasi Tanam Pohon Di Kawasan Hutan Raya Bukit Soeharto

MPR mampu membawa musyawarah ke tingkat Internasional. Dan mudah-mudahan Forum MPR Dunia bisa menjadi torehan dalam perjalanan sejarah dunia saat ini maupun masa yang akan datang.

“Sejajar dengan KAA, Gerakan Non Blok, ASEAN, yang mengharumkan nama bangsa Indonesia hingga kini,” ucap­nya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.