Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lakukan Pertemuan Bilateral

Bamsoet Happy Aljazair Dukung Pembentukan Forum Consultative Assembly

Selasa, 25 Oktober 2022 13:19 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kiri) berbincang dengan Wakil Ketua Parlemen (Dewan Bangsa) Aljazair Salim Chenoufi saat melakukan pertemuan bilateral, di Bandung, Senin malam (24/10). (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo (kedua kiri) berbincang dengan Wakil Ketua Parlemen (Dewan Bangsa) Aljazair Salim Chenoufi saat melakukan pertemuan bilateral, di Bandung, Senin malam (24/10). (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo mengapresiasi dukungan Parlemen Aljazair terhadap gagasan MPR membentuk Forum for World Consultative Assembly (Forum Consultative Assembly/Forum MPR Dunia). Sebagaimana disampaikan Wakil Ketua Parlemen (Dewan Bangsa) Aljazair Salim Chenoufi, bagi Aljazair, segala niat baik yang dilakukan Indonesia akan didukung. Hal ini tidak lepas dari hubungan diplomatik Indonesia-Aljazair yang mempunyai akar kesejarahan yang sangat mendalam.

"Ketika Konferensi Asia Afrika (KAA) diselenggarakan di Bandung tahun 1955, pada saat itu Aljazair masih dijajah Prancis. Presiden Soekarno mengundang para pejuang kemerdekaan Aljazair untuk menghadiri KAA, sebagai bentuk manifestasi nyata dari amanat konstitusi Indonesia bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa, dan penjajahan di muka bumi harus dihapuskan," ujar Bamsoet, sapaan akrab Bambang, usai melakukan pertemuan bilateral dengan Parlemen Aljazair, di sela penyelenggaraan Konferensi Internasional Pembentukan Forum Consultative Assembly, di Bandung, Senin Malam (24/10).

Baca juga : Bamsoet Apresiasi Dukungan PUIC Atas Pembentukan Forum MPR Dunia

Pertemuan ini dihadiri antara lain Wakil Ketua Parlemen Aljazair Salim Chenoufi, serta para anggota Parlemen Aljazair Kamel Chourak, Mabrouk Dridi, dan Abdelhamid Boucherma. Hadir pula pimpinan MPR antara lain Hidayat Nur Wahid dan Fadel Muhammad.

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, Indonesia senantiasa menjadi negara yang aktif mendukung perjuangan kemerdekaan Aljazair. Sekaligus menjadi salah satu negara yang pertama kali mengakui kemerdekaan Aljazair pada 5 Juli 1962. Buah dari ini semua, sebagaimana kembali disampaikan Salim Chenoufi, sejak kecil anak-anak Aljazair selalu diajarkan untuk menghargai Indonesia.

Baca juga : Bamsoet Ajak Pemuda Pancasila Tingkatkan Soliditas Hadapi Ancaman Bangsa

"Tidak heran jika pada April 2005, saat Pemerintah Indonesia menyelenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika sebagai peringatan 50 tahun KAA 1955, Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika turut hadir. Kini, saat MPR menyelenggarakan konferensi internasional pembentukan Forum Consultative Assembly, Parlemen Aljazair juga turut hadir dan memberikan dukungan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, dengan mengusung spirit yang sama seperti penyelenggaraan KAA 1955 dan KTT 2005 di Bandung, akan menjadi dorongan bagi parlemen Indonesia dan Aljazair untuk menyukseskan penyelenggaraan konferensi internasional pembentukan Forum Consultative Assembly yang dilaksanakan pada 24-26 Oktober 2022 di Bandung.

Baca juga : Bamsoet Happy Parlemen Turki Dukung Pembentukan Forum MPR Dunia

"Melalui Forum Consultative Assembly, Indonesia dan Aljazair dapat bekerjasama mendorong penguatan kolaborasi antar komunitas internasional, untuk mewujudkan tatanan dunia yang damai dan harmonis. Sekaligus dapat memperkuat hubungan bilateral Indonesia dengan Aljazair di berbagai bidang. Indonesia menilai Aljazair sebagai pasar yang cukup potensial bagi komoditi ekspor Indonesia, khususnya lemak dan minyak nabati, selain kopi, teh, dan rempah-rempah," pungkas Bamsoet.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.