Dark/Light Mode

KTT G20 Bisa Buka 33 Ribu Lapangan Kerja

Peluang UMKM Unjuk Gigi

Selasa, 1 November 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi VI DPR Nevi Zuairina. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR Nevi Zuairina. (Foto: Dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peluang UMKM Unjuk Gigi Pelaksanaan Presidensi dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bakal mendongkrak pendapatan negara melalui sektor Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Perhelatan dunia ini menjadi peluang usaha rakyat ikut terlibat.

Anggota Komisi VI DPR Nevi Zuairina mengatakan, KTT G20 akan membuka sekitar 33 ribu lapangan kerja dengan nilai kon­sumsi mencapai Rp 1,7 triliun.

Baca juga : Investasi Pusat Data Indonesia Buka Ribuan Lapangan Kerja Baru

“Ini nilainya sangat besar, sehingga tentunya akan meng­gerakkan roda ekonomi negara terutama para pelaku UMKM,” ucapnya, kemarin.

Dia meminta Pemerintah mengoptimalkan pelaksanaan ajang internasional untuk ke­pentingan bangsa dan rakyat Indonesia. Salah satunya dengan memperluas pelibatan UMKM di ajang ini.

Baca juga : Comforta Bangun Pabrik Di Palembang

“Pemerintah dapat melibatkan semua segmen UMKM dan menunjukkan kepada dunia po­tensi UMKM yang kita miliki,” jelasnya.

Hanya saja, politisi Fraksi PKS ini menyayangkan UMKM yang ikut berpartisipasi dalam pelaksa­naan KTT G20 ini masih terbilang sedikit. Hal ini menyusul keputu­san Pemerintah yang telah merilis 22 UMKM sebagai pemasok souvenir resmi KTT G20.

Baca juga : Pengamat Dukung Erick Thohir Bangun Kolaborasi MIND ID Dan Arrival

Dia bilang, ada potensi UMKM binaan BUMN ikut terlibat pada rangkaian ajang ini.

“Masih ada sekitar 65 juta UMKM kita yang harus memi­liki kesempatan yang sama untuk terlibat dalam perhelatan G20 nanti,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.