Dark/Light Mode

KTT G20 Bisa Buka 33 Ribu Lapangan Kerja

Peluang UMKM Unjuk Gigi

Selasa, 1 November 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi VI DPR Nevi Zuairina. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi VI DPR Nevi Zuairina. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Nevi bilang, pelaku UMKM yang dilibatkan dalam KTT G20 ini jangan hanya menampilkan ko­moditas di pameran. Mereka kudu ikut menyediakan berbagai kebu­tuhan seperti souvenir, seminar kit, dekorasi, konsumsi makanan ringan, dan lain sebagainya.

“Saya berharap dalam proses pemilihan UMKM yang layak dilibatkan juga harus benar-benar transparan. Proses sosialisasinya juga harus dilakukan secara masif dan menyeluruh,” tambah dia.

Baca juga : Investasi Pusat Data Indonesia Buka Ribuan Lapangan Kerja Baru

Terpisah, anggota Komisi VIII DPR Rachmat Hidayat mengapresiasi pelaksanaan pro­gram sertifikasi halal gratis (se­hati) yang digulirkan Pemerintah kepada para pelaku UMKM. Program ini sangat relevan dengan kebutuhan masyarakat.

“Program sertifikasi halal ini memberikan implikasi positif bagi para pelaku usaha. Program ini penting sehingga harus didu­kung,” kata Rachmat.

Baca juga : Comforta Bangun Pabrik Di Palembang

Politisi Fraksi PDI Perjuangan ini yakin, program ini akan mampu memperkuat ekosistem perekonomian masyarakat baik di tingkat nasional maupun di daerah. Bahkan produk ha­lal juga memperkuat komoditi ekspor nasional.

“Kita lihat UMKM sekarang sudah mulai tumbuh subur dan mereka punya keahlian masing-masing dalam produksinya. Nah, ini harus ditunjang dengan program sertifikasi yang bagus,” jelasnya.

Baca juga : Pengamat Dukung Erick Thohir Bangun Kolaborasi MIND ID Dan Arrival

Dia meminta program UMKM terus diperkuat melalui kolabo­rasi dan sinergi yang baik antara seluruh stakeholder. Sehingga produk usaha rakyat bisa naik kelas dan bahkan mampu menembus pasar global.

“Sehingga produk UMK kita tidak berkutat di pasar dalam negeri saja,” tambah dia. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.