Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Siapkan Sarana, Hindari Tragedi

Selasa, 15 November 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi X DPR Nuroji. (Foto: DPR)
Anggota Komisi X DPR Nuroji. (Foto: DPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia bakal menjadi tuan rumah penyelenggaraan FIFA World Cup U-20 pada 20 Mei 2023 - 11 Jun 2023. Senayan meminta Pemerintah menyiapkan segala sarana dan prasarana dengan baik.

Anggota Komisi X DPR Nuroji meminta persiapan menyongsong digelarnya pertandingan sepak bola Piala Dunia U-20 harus maksimal. Salah satunya soal venue atau sta­dion.

Dia menilai, Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah sebagai salah satu tempat digelarnya pertandingan sudah cukup baik dalam menyiapkan infrastruktur dan fisik stadion.

Baca juga : Jadi Tuan Rumah IFRC Ke-19, PT BSI Dukung Pariwisata Banyuwangi

“Itu terlihat dari ventilasi udara yang sangat baik, sehingga pertukaran udara di lapangan dan area tribun penonton juga sangat baik,” ujar Nuroji dalam keterangannya, kemarin.

Bahkan, kata Nuroji, pintu yang disediakan untuk keluar masuk penonton juga cukup banyak dan dengan ukuran yang cukup lebar. Itu meminimalisir terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti peristiwa Kanjuruhan, Malang.

Nuroji bilang, peristiwa ke­lam di Kanjuruhan, Malang, telah mencoreng persebakbo­laan Indonesia di mata dunia. Tapi, syukurnya itu tidak mempengaruhi keputusan FIFA men­jadikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 pada tahun 2023.

Baca juga : Politisi PKS Puji Kelayakan Stadion Di Tempat Gibran

Meski demikian, agar peris­tiwa Kanjuruhan tidak terulang, Nuroji berharap ada pembena­han infrastruktur stadion, juga pelaksanaan Standard Operating Procedure (SOP) petugas di lapangan.

“Termasuk tidak menggu­nakan gas air mata di stadion. Ini juga harus diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik,” tegas Politikus Partai Gerindra ini.

Anggota Komisi X DPR Desy Ratnasari menambahkan, momentum Piala Dunia FIFA U-20 pada 2023 diharapkan tak hanya sukses penyelenggaraan, juga sukses administrasi dan ekonomi.

Baca juga : Piala Dunia U-20, DPR Cek Stadion Markas Bali United

Karena itu, pengelola stadion kudu dapat bersinergi dengan UMKM dalam hal pembuatan merchandise dan sebagainya. Sehingga pada saat penyelenggaraan banyak hal yang bisa terbantu serta bermanfaat secara nilai ekonomi untuk masyarakat sekitarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.