Dark/Light Mode

Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Siapkan Sarana, Hindari Tragedi

Selasa, 15 November 2022 07:50 WIB
Anggota Komisi X DPR Nuroji. (Foto: DPR)
Anggota Komisi X DPR Nuroji. (Foto: DPR)

 Sebelumnya 
“Tidak hanya dalam konteks penyelenggaraan Piala Dunia U-20 saja,” harap Desy dalam keterangannya, kemarin.

Komisi X DPR, kata Desy, menyoroti Jakabaring Sport Center (JSC) di Palembang terkait dengan pemeliharaan (maintenance) serta kemandirian dalam penyediaan anggaran. Karena itu, jika ada infrastruk­tur yang dinyatakan tidak layak, dia akan menyampai­kan hal itu kepada Pemerintah untuk mendapatkan tambahan anggaran.

Kendati waktu penyelenggaraan masih beberapa bulan lagi, event ini mesti dipersiapkan sebaik mungkin. Hal apa saja kurang harus diperbaiki.

Baca juga : Jadi Tuan Rumah IFRC Ke-19, PT BSI Dukung Pariwisata Banyuwangi

“Sehingga Indonesia betul-betul siap menyelenggarakan FIFA World Cup U-20,” tan­dasnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali me­minta penyelenggaraan Piala Dunia Qatar 2022 dijadikan pelajaran. Sehingga, Indonesia siap menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan FIFA World Cup U-20 Tahun 2023.

Menurut Amali, Indonesia bisa mengambil pelajaran dari hal-hal yang umum terkait persiapan penyelenggaraan kegiatan.

Baca juga : Politisi PKS Puji Kelayakan Stadion Di Tempat Gibran

“Kita bisa lihat bagaimana Qatar mempersiapkan sebaik-baiknya penyelenggaraannya, apakah itu venue, akomodasi, dan transportasi,” ucap Politikus Golkar ini.

Penyelenggaraan FIFA World Cup U-20 di Indonesia, lanjutnya, diselenggarakan di enam stadion. Yakni, Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (Palembang), Stadion Gelora Bandung Lautan Api (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).

Amali memastikan, Indonesia sudah sangat siap menggelar kegiatan ini. Bahkan, Indonesia sebenarnya sudah siap menye­lengarakannya pada tahun 2021, tapi karena pandemi maka FIFA menunda penyelenggaraannya ke tahun 2023.

Baca juga : Piala Dunia U-20, DPR Cek Stadion Markas Bali United

Karena penyelenggaraan­nya ditunda ke tahun 2023, stadion-stadion yang sudah siap digunakan sementara oleh klub untuk Liga 1 dan Liga 2. Usai digunakan pertandingan, sta­dion akan direnovasi tapi tidak banyak. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.