Dark/Light Mode

Hadapi Ancaman Gelombang Keempat

Lestari: Perlu Kolaborasi Putus Rantai Penyebaran Covid-19

Jumat, 18 November 2022 09:50 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Mengantisipasi Naiknya Risiko Dampak Pandemi Covid-19 Menjelang Liburan Akhir Tahun yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (16/11). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Mengantisipasi Naiknya Risiko Dampak Pandemi Covid-19 Menjelang Liburan Akhir Tahun yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (16/11). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk menekan angka positif Covid-19, salah satu cara utamanya yakni dengan memutus mata rantai penyebaran virus. Ini merupakan tugas dan kolaborasi yang harus diemban seluruh pihak. 

"Data sebaran kasus positif Covid-19 yang cenderung meningkat saat ini bukan untuk membangun sentimen ketakutan, tetapi untuk menjadi pedoman bagi kita untuk bersikap mengambil langkah yang tepat, di tengah aktivitas sosial dan geliat ekonomi yang meningkat," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Mengantisipasi Naiknya Risiko Dampak Pandemi Covid-19 Menjelang Liburan Akhir Tahun yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (16/11).

Diskusi yang dimoderatori Anggiasari Puji Aryatie (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI Koordinator Bidang Penyerapan Aspirasi Masyarakat dan Daerah) itu, menghadirkan Felly Estelita Runtuwene (Ketua Komisi IX DPR RI), Prof. Wiku Adisasmito (Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19), Prof. Dr. Zubairi Djoerban KHOM (Dewan Penasehat Satgas Penanganan Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia), Jajat Sudrajat (Wakil Ketua Badan Penanggulangan Bencana, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) dan Hamid Abidin (Direktur Eksekutuf Perhimpunan Filantropi Indonesia /PFI) sebagai narasumber.

Baca juga : COP-27, Menteri Siti Dorong Aksi Kolaborasi Atasi Perubahan Iklim

Selain itu hadir pula dr. Muhammad Makky Zamzami, MARS (Ketua Satuan Tugas Peduli Covid-19 Nahdlatul Ulama) dan Atika Walujani Moedjiono (Wartawan Kesehatan) sebagai penanggap.

Lestari mengapresiasi upaya pemerintah dan segenap elemen bangsa pada hampir tiga tahun terakhir, yang secara bersama mampu mengendalikan penyebaran Covid-19 di tanah air.

Namun, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, kondisi yang dinilai sudah terkendali itu membuat banyak pihak bersikap longgar dalam penerapan protokol kesehatan dalam berkegiatan.

Baca juga : Mas Menteri: Perkuat Kolaborasi Untuk Transformasi Pendidikan Lebih Baik

Keluasan ruang gerak masyarakat, meningkatnya dinamika perjalanan baik domestik maupun mancanegara, ujar Rerie, sapaan akrab Lestari, harus tetap diimbangi dengan upaya adaptasi lewat penerapan protokol kesehatan yang memadai.

Rerie, yang juga anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu, mengingatkan agar masyarakat dan pemerintah jangan abai terhadap regulasi pencegahan dan bertoleransi tanpa protokol kesehatan di masa pandemi.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu mengakui, masa liburan akhir tahun 2022 merupakan saat yang ditunggu-tunggu masyarakat. Pemerintah, ujarnya, sejauh ini terbukti mampu mengendalikan beberapa lonjakan kasus pada masa pandemi.

Baca juga : Lestari: Kolaborasi Penting Wujudkan Pengurangan Risiko Bencana

Rerie berharap semua pihak berkolaborasi membuat persiapan yang memadai sehingga penyebaran Covid-19 pada masa libur Natal dan Tahun Baru bisa terkendali dan kita bersama-sama dapat menyongsong tahun 2023 yang lebih baik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.