Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Yandri Minta Generasi Muda Siapkan Diri Lanjutkan Kepemimpinan Nasional

Jumat, 16 Desember 2022 17:12 WIB
Wakil Ketua MPR H. Yandri Susanto menerima 280 siswa MTS dan MA dari Yayasan Bai Mahdi Sholeh Ma’mun, Serang, di Gedung Nusantara V, Komplek Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/12). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR H. Yandri Susanto menerima 280 siswa MTS dan MA dari Yayasan Bai Mahdi Sholeh Ma’mun, Serang, di Gedung Nusantara V, Komplek Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR H. Yandri Susanto menerima 280 siswa MTS dan MA dari Yayasan Bai Mahdi Sholeh Ma’mun, Serang, Banten.

Ratusan siswa ini datang di Gedung Nusantara V, Komplek Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (15/12) didampingi oleh Pengasuh Yayasan Hj. Ratu Qori Muqoromaturrohmah dan Bagian Kesiswaan Yayasan Karmilsari itu untuk melakukan study tour. Mereka datang dari Serang ke Jakarta menggunakan 5 bus.   

Dalam kesempatan itu, Yandri menjelaskan kedudukan MPR saat ini tidak seperti dulu. Menurut Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu MPR dulu merupakan lembaga tertinggi negara.

Sebagai lembaga tertinggi negara maka pada masanya lembaga ini mempunyai hak untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden serta menetapkan GBHN.

"Meski demikian saat ini MPR masih memiliki kewenangan tertinggi yakni mengubah dan menetapkan UUD," ujarnya.  

Baca juga : Kapolri Pastikan Wujudkan Rasa Aman Bagi Warga

Kepada para siswa dan guru pembimbing, pria asal Bengkulu itu menyebut anggota MPR terdiri dari anggota DPR dan DPD. Diterangkan saat ini jumlah anggota MPR ada 711 anggota. Jumlah sebanyak itu terdiri dari anggota DPR sebanyak 575 dan anggota DPD sebanyak 136.   

Dirinya senang ada anak-anak sekolah melakukan study tour ke komplek parlemen sebab tidak semua anak sekolah bisa berada di tempat ini. Untuk itu kehadiran mereka diharap dimanfaatkan sebaik-baiknya.

"Ada jutaan anak sekolah di Indonesia namun tidak semua bisa berkunjung ke sini. Kalian harus bersyukur bisa berkunjung di tempat yang bersejarah ini," tambahnya.   

Yandri Susanto menyebut MPR sebagai tempat bersejarah sebab dikatakan dari tempat ini semua produk peraturan perundang-undangan disahkan. Dari UUD hingga undang-undang diketok palu di tempat ini.

"Tugas MPR yakni melakukan Sosialisasi Empat Pilar. Empat Pilar itu adalah Pancasila, UUD NRI Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," tambahnya.  

Baca juga : BSKDN Minta Daerah Manfaatkan Kearifan Lokal

Sebagai politisi, dirinya menyebut untuk bisa menjadi anggota MPR/DPR, seseorang harus masuk partai politik. Tanpa mekanisme itu, seseorang tidak bisa menjadi anggota MPR/DPR.

Untuk itu, dirinya berharap agar siswa dari yayasan tersebut untuk belajar lebih giat dan tekun agar bisa penerus kepemimpinan bangsa. "Generasi muda merupakan pelanjut dari kepemimpinan saat ini," imbaunya.  

Dalam kesempatan tersebut, Yandri menyebut ada 5 kiat agar para siswa bisa hidup sukses dunia dan akhirat. Agar sukses maka diharap mereka taat pada Allah dan Rasul, taat pada orangtua, ikuti perintah guru, perbanyak doa, dan belajar tekun dan sungguh-sungguh.

"Semua orang bisa menjadi sukses bila melakukan pekerjaan secara sungguh-sungguh," ujarnya.  

Sebagai wakil dari yayasan, Karmilasari menuturkan rombongan dari Serang merasa senang bisa berkunjung ke Komplek Gedung MPR/DPR.

Baca juga : GMC Dorong Pemuda Tunjukkan Kemandirian Bangsa

"Dulunya tahunya hanya lewat media. Jadi kehadiran di sini seperti mimpi," katanya.

Menurut Karmilasari, kunjungan yang dilakukan merupakan kunjungan edukatif. Dari kunjungan tersebut diharap siswa bisa mengenal secara nyata lembaga-lembaga legislatif.

"Mudah-mudahan dari kunjungan ini kami bisa mengambil ilmu sebanyak-banyaknya," harapnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.