Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dorong Diversifikasi Minyak Konsumsi

Sultan Minta Pemerintah Perhatikan Industri Dan Tata Niaga Kelapa

Kamis, 5 Januari 2023 12:00 WIB
Wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin. (Foto: Istimewa)
Wakil ketua DPD RI Sultan B Najamudin. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan B Najamudin meminta Pemerintah untuk memberikan perhatian serius terhadap industri perkebunan berikut tata niaga kelapa yang kian terpinggirkan oleh popularitas industri kelapa sawit saat ini.

Kata Sultan, masa depan perkebunan kelapa yang menjadi komoditas unggulan masyarakat Nusantara harus kembali diperhatikan secara serius di tengah hegemoni industri perkebunan kelapa sawit.

"Belum terlambat bagi Indonesia untuk mengembalikan kejayaan Industri perkebunan Kelapa dan menjadikannya sebagai salah satu komoditas unggulan selain sawit", ujar mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu melalui keterangan resminya pada Kamis (05/01).

Baca juga : Duh, Jalan Nasional Di Lebak Rusak Dan Sempit

Menurutnya, saat ini Luas perkebunan kelapa terus mengalami penyusutan dan diperkirakan hanya tersisa 3,3 juta Ha dengan hasil produksi hanya mencapai 2,7 juta ton pada 2019-2021.

Dan ironisnya adalah Indonesia melakukan impor minyak kelapa mentah senilai 20,23 juta USD atau berkontribusi sebesar 72 persen dari total impor kelapa pada waktu yang sama.

"Artinya, persoalan industri dan tata niaga kelapa tidak boleh diabaikan begitu saja ketika kita sedang menikmati windfall profit sawit. Sangat ironis jika Negeri nyiur melambai dan pemilik pulau kelapa ini justru membayar dan mengkonsumsi produk kelapa dan turunan kelapa dari negara lain," tegasnya.

Baca juga : Pemprov DKI Targetkan Penambahan Jalur Di Stasiun Tanah Abang Selesai 2023

Lebih lanjut Sultan menerangkan bahwa salah satu penyebab tingginya angka importasi produk olahan kelapa adalah penyusutan produktivitas kelapa dan kebijakan bebas pajak dan tarif ekspor terhadap kelapa butir.

Buah kelapa sebagai bahan baku industri dikenai PPN 10 persen, sedang ekspor kelapa butir tidak dikenai pajak. Kondisi ini membuat petani memilih ekspor kelapa bulat daripada memasok industri. 

Oleh karena itu, DPD RI secara kelembagaan mendorong pemerintah pusat dan daerah untuk secara intensif melakukan revitalisasi perkebunan kelapa dan secara tegas menghentikan aktivitas ekspor kelapa butir melalui pemberlakuan skema tarif ekspor dan PPN.

Baca juga : DPR Sayangkan Serapan APBN Masih Rendah, Minta Pemerintah Evaluasi Belanja

"Kelapa butir yang dihasilkan oleh masyarakat dan perkebunan harus dipastikan untuk diolah oleh industri pengolahan dalam negeri", ujar mantan ketua HIPMI Bengkulu itu.

Industri pengolahan minyak kelapa misalnya, kata Sultan, harus dikembangkan untuk mendorong diversifikasi minyak goreng konsumsi dalam negeri. Di samping industri tentu memiliki kontribusi yang besar terhadap penciptaan lapangan kerja dan secara langsung akan meningkatkan nilai tukar petani (NTP) kelapa.

"Kami percaya bahwa agenda hilirisasi kelapa akan mendorong masyarakat dan pelaku usaha perkebunan kembali meningkatkan luas perkebunan dan meningkatkan produktivitas kelapanya. Karena industri perkebunan Kelapa tidak memiliki resistensi terhadap isu pemanasan global dan memiliki prospek yang cerah di masa depan", tutupnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.