Dark/Light Mode

MPR Pingin Kayak Dulu, Punya Kewenangan Terbitkan GBHN

Senin, 12 Agustus 2019 21:59 WIB
Sekretaris Fraksi PAN MPR, Saleh Partaonan Daulay (Foto: Humas MPR)
Sekretaris Fraksi PAN MPR, Saleh Partaonan Daulay (Foto: Humas MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekretaris Fraksi PAN MPR, Saleh Partaonan Daulay mengatakan, kinerja MPR tidak akan aktif, bila tugasnya hanya berkutat di seputar Sidang Tahunan dan Sosialisasi Empat Pilar. Saleh berharap, MPR kembali menjadi lembaga efektif dan berdaya guna.

"Untuk itu, MPR perlu penguatan," kata Saleh, saat menjadi narasumber dalam Diskusi Empat Pilar MPR di Media Center, Gedung Nusantara III, Komplek MPR/DPR/ DPD RI, Jakarta, Senin (12/8).

Baca juga : Dengan Koopssus, Pemberantasan Terorisme Akan Tuntas

Saleh meminta kewenangan MPR dapat dikembalikan, terutama dalam membuat Garis-garis Besar Haluan Negara (GBHN). Meski sudah ada Undang Undang (UU) Rencana Program Pembangunan Jangka Pendek, Menengah dan Panjang (RPJPMP), Saleh menilai GBHN masih memegang peranan penting.

Menurutnya, bila tidak menggunakan haluan, arah pembangunan antar periode Presiden menjadi kurang berkesinambungan. Sebab, masing-masing periode kepemimpinan cenderung memiliki visi dan misi tersendiri.

Baca juga : Buku Fiqh Madrasah Aliyah Ajarkan Khilafah, Kemenag: Bukan Terbitan Kami

Terkait hal itu, Saleh mengatakan, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan kembali peran MPR. Pertama, menegaskan kembali posisi Ketetapan MPR dalam tata peraturan perundangan yang berlaku di bawah Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan di atas UU. Dengan begitu, arah program pembangunan dari pemerintah bisa dievaluasi.

Kedua, memberi kewenangan pada MPR untuk menafsirkan UUD. “Bila semua langkah-langkah tadi dilakukan, maka Sidang Tahunan (ST) MPR menjadi optimal," pungkasnya. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.