Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dialog Bareng PP Pemuda Hidayatullah

HNW Ajak Generasi Muda Kembangkan Potensi Dengan Berorganisasi

Jumat, 3 Februari 2023 23:02 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menerima kunjungan delegasi Panitia Pelaksana Munas VIII Pemuda Hidayatullah, di Ruang Kerjanya, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2). (Foto: Istimewa)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menerima kunjungan delegasi Panitia Pelaksana Munas VIII Pemuda Hidayatullah, di Ruang Kerjanya, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menerima kunjungan delegasi Panitia Pelaksana Munas VIII Pemuda Hidayatullah, di Ruang Kerjanya, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (2/2).

Kunjungan yang dipimpin Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Organisasi DPP Hidayatullah Asih Subagyo serta dihadiri Ketua Umum Imam Nawawi dan empat orang PP Pemuda Hidayatullah ini selain bersilaturahmi dan berdialog, juga menyampaikan undangan resmi kepada wakil ketua MPR, HNW, untuk hadir dan menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Munas Ke-VIII Pemuda Hidayatullah, pada 17-19 Februari 2023.

Kepada delegasi, Pimpinan MPR dari PKS ini menyampaikan terimakasihnya dan mengapresiasi kegiatan positif yang dilaksanakan oleh PP Pemuda Hidayatullah.

"Saya memaknai kegiatan Munas yang akan dilaksanakan menandakan bahwa organisasi kepemudaan ini berjalan dengan program-program yang baik. Maka wajar bila eksistensi organisasi PP Pemuda Hidayatullah sudah menyebar di berbagai provinsi dan kabupaten, malah sudah berdiri pula di provinsi-provinsi baru di Papua," ujarnya.

Baca juga : Gandeng Bike to Work, Pertamina NRE Ajak Generasi Muda Terapkan Green Mobility

Ditambahkan HNW, berjalan baiknya organisasi kemasyarakatan di Indonesia seperti Pemuda Hidayatullah, merupakan bukti bahwa di negara demokrasi, umat Islam atau warga lainnya bisa mengembangkan potensi dan keahliannya, ilmunya dan semua potensi dirinya, untuk ikut berperan dalam meningkatkan kualitas kehidupan berkeumatan, berbangsa dan bernegara.

Kondisi ini tidak didapatkan di negara-negara yang tidak demokratis. Ini penting disadari dan dijadikan sarana oleh umat apalagi pemuda Islam, untuk merealisasikan berbagai maslahat untuk umat sebagaimana dicontohkan oleh para kiai dan ulama Founding Fathers Indonesia.

Anggota Komisi VIII DPR FPKS ini menambahkan, memang sangat penting untuk dimaksimalkan perannya agar maslahat bisa diwujudkan dan mafsadat bisa dikoreksi.

Namun, harus diingat. Dalam menjalankan organisasi, harus menerapkan prinsip mulia dalam Islam selain akhlak dan amanah (profesionalitas) juga ta’awun atau kemampuan membuka diri untuk berkolaborasi.

Baca juga : Telkom dan Transjakarta Kembangkan Sistem Teknologi Informasi

Sebab, organisasi tidak mungkin berjalan sendiri. Dia harus berkolaborasi dengan sekitarnya. Lagipula, dalam Islam kita tidak hanya diajarkan hanya untuk wa aqimus-salaata wa aatuz-zakaata (sholat dan zakat) tapi juga untuk wa ta’aawanualal-birri wat-taqwaa (berkolaborasi hadirkan kebaikan dannkemaslahatan).

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini menekankan, posisi serta peran generasi muda Indonesia dalam berorganisasi sangat penting dan dibutuhkan.

Sebab, bukan hanya secara sunnatullah dan sunnah Rasulullah yang sangat mementingkan peran pemuda untuk persiapan regenerasi kepemimpinan, tapi memang dalam konteks Indonesia, peran pemuda termasuk pemuda Islam (Jong Islamieten Bond) sudah diakui, benar dan tercatat dalam memori sejarah perjalanan bangsa Indonesia. 

Intinya, peran dan kiprah pemuda Islam mesti dikedepankan mulai dari saat ini. Dia melihat, sudah sangat tepat DPP Hidayatullah semakin gencar mempersiapkan pemuda-pemudanya, untuk menghadapi dan berkontribusi menyongsong era Indonesia Emas 2045.

Baca juga : Bamsoet Ajak Generasi Muda Kembangkan Kewirausahaan

"Memang harus sudah dipersiapkan sejak sekarang, sebab jika lengah sedikit saja maka kualitas generasi muda kita akan kalah jauh dengan mereka yang sudah lama mempersiapkannya," pungkas HNW. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.