Dark/Light Mode

Hakordia 2022, Pupuk Kaltim Ajak Generasi Muda Bontang Cegah Korupsi Sejak Dini

Jumat, 16 Desember 2022 18:39 WIB
Foto: Dok. Pupuk Kaltim
Foto: Dok. Pupuk Kaltim

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2022, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar talkshow Anti Fraud dan Pencegahan Korupsi, bertajuk "Bersatu Cegah Korupsi Sejak Dini", yang diikuti ratusan pelajar tingkat SMA (Sekolah Menengah Atas/SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) sederajat dan mahasiswa di Kota Bontang, Kaltim, Kamis (15/12).

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Koperasi Karyawan Pupuk Kaltim ini, menghadirkan tiga narasumber, di antaranya perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kaltim Samuel P Situmorang, Kepala Inspektorat Kota Bontang Enik Rusnawati, serta Founder Yayasan Young Speaker Indonesia sekaligus Pemuda Pelopor Samarinda Hanna Pertiwi.

Senior Vice President (SVP) Umum Pupuk Kaltim Ardi Harto Mulyo mengatakan, kegiatan ini digelar sebagai upaya peningkatan kesadaran akan bahaya korupsi bagi generasi muda Bontang. Sehingga, dapat diantisipasi sejak dini dengan menanamkan nilai kejujuran dan integritas melalui edukasi.

Baca juga : Tutup Hakordia 2022, Firli Bahuri: Semua Pihak Harus Ambil Peran Berantas Korupsi

Hal ini juga bagian dari peran Pupuk Kaltim dalam menciptakan generasi penerus yang unggul, di mana budaya anti korupsi tidak hanya terimplementasi di lingkup perusahaan, sebagai salah satu komitmen utama Pupuk Kaltim, tapi juga dibarengi kesadaran yang baik di masyarakat.

"Sejalan dengan tema "Indonesia Pulih Bersatu Lawan Korupsi" pada Hakordia 2022, Pupuk Kaltim mengajak peran aktif generasi muda Bontang untuk bersama menanamkan kesadaran mencegah segala potensi korupsi sejak dini," ujarnya, melalui siaran pers, Jumat (16/12).

Ke depannya, insan kreatif, kritis dan berintegritas semakin terwujud di Kota Bontang. Pupuk Kaltim puterus mewujudkan budaya PKT Bersih dengan memperkuat penerapan Good Corporate Governance (GCG) dan Anti Fraud dari tahun ke tahun.

Baca juga : Hakordia 2022, Ketua KPK Firli Bahuri Cium Tangan Wapres Maruf Amin

Hal ini dibuktikan dengan skor GCG 95,448 di tahun 2021, dan menjadi yang tertinggi di Pupuk Indonesia Group.

Menurut Ardi, implementasi GCG juga sebagai langkah aktif Pupuk Kaltim meningkatkan keberhasilan usaha dan akuntabilitas perusahaan.

Untuk mewujudkan nilai pemegang saham dalam jangka panjang, dengan tetap memperhatikan kepentingan stakeholders lainnya, berlandaskan peraturan perundangan–undangan dan nilai etika.

Baca juga : Buka Hakordia 2022, Wapres: Seperti Covid-19, Korupsi Musuh Utama Bangsa

"Hal ini sebagai komitmen Pupuk Kaltim, menerapkan GCG secara berkelanjutan, dengan mengedepankan tata kelola perusahaan yang bersih dan akuntabel dalam pengembangan model bisnis," tambah Ardi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.