Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Komisi III Yakin, Pansel Hasilkan Capim KPK Yang Berkualitas

Selasa, 20 Agustus 2019 20:45 WIB
Komisi III DPR siap melakukan fit and proper test, setelah Presiden Jokowi menyerahkan 10 nama capim KPK ke DPR. (Foto: Humas DPR)capim
Komisi III DPR siap melakukan fit and proper test, setelah Presiden Jokowi menyerahkan 10 nama capim KPK ke DPR. (Foto: Humas DPR)capim

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi III DPR meyakini Panitia Seleksi (Pansel) calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dapat menghasilkan 10 nama terbaik dan berkualitas bagi pemberantasan korupsi di Tanah Air.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Herman Hery mengatakan, 10 nama Capim KPK yang nanti diserahkan kepada Presiden Jokowi pada awal September mendatang, telah melalui  tahapan seleksi sesuai aturan yang berlaku.

"Kami dari Komisi III meyakini 10 nama yang diserahkan kepada Presiden, telah melalui sejumlah tahapan seleksi yang dilakukan oleh Pansel KPK, yang berlangsung secara objektif dan profesional sesuai aturan yang berlaku," kata Herman, kepada wartawan, Jakarta, Selasa (20/8).

Baca juga : Media Asing Harus Objektif Beritakan Papua

Sehingga, kata Herman, komisi yang membidangi hukum itu meyakini 10 nama yang diserahkan kepada DPR adalah Capim KPK yang terbaik dan berkualitas bagi penegakan hukum. Khususnya, pemberantasan korupsi ke depan.

"Setelah Presiden menandatangani dan mengirim 10 nama Capim KPK ke DPR, Komisi III DPR akan mendalami visi dan misi mereka dalam pemberantasan korupsi di Tanah Air," terangnya.

Politikus PDI Perjuangan asal Nusa Tenggara Timur itu menyampaikan, Komisi III DPR akan memilih lima dari 10 nama Capim KPK secara terbuka. Tentunya, dengan mempertimbangkan berbagai aspek, terutama yang benar-benar memiliki integritas yakni track record yang bersangkutan.

Baca juga : Rusuh Papua, Bamsoet Minta TNI/Polri Jaga Freeport dan Tempat Strategis Lain

"Kompetensi dan kapabilitas, termasuk di dalamnya pengetahuan dan pemahaman tentang hukum tindak pidana korupsi, kepemimpinan dan kemampuan manajerial," katanya.

Sehingga, lanjut Herman, Komisi III DPR berharap pimpinan KPK ke depan bisa melaksanakan fungsi trigger mechanism dengan kepolisian dan kejaksaan.

"Kami sangat mengharapkan,  antar penegak hukum bisa berkolaborasi dalam memberantas tindak kejahatan korupsi," tuturnya.

Baca juga : Masih Banyak Korban HAM Yang Belum Memperoleh Pemenuhan Hak Atas Pemulihan

Herman meyakini, pemilihan pimpinan KPK Jilid V dapat dilakukan pada periode Anggota DPR 2014-2019. Karena itu, setelah Presiden menyerahkan 10 nama Capim KPK ke DPR, maka uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test akan segera dilakukan.

"Kami berkomitmen untuk memilih pimpinan KPK Jilid V, sebelum periode saat ini berakhir. Komisi III akan tancap gas dalam melakukan fit and proper test, sebelum berakhir masa periode anggota DPR pada 30 September," terangnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.