Dark/Light Mode

PKS Percaya, Pertamina Bisa Jamin Suplai BBM

Sabtu, 4 Maret 2023 09:48 WIB
Anggota Komisi VII DPR, Mulyanto. (Foto: Ist)
Anggota Komisi VII DPR, Mulyanto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VII DPR, Mulyanto, turut berduka atas musibah kebakaran depo BBM Pertamina, Plumpang, Jakarta Utara.

Ia percaya, Pertamina memiliki rencana kerja cadangan (contigency plan) yang memungkinkan pelayanan pengadaan BBM tetap berjalan meskipun terjadi musibah kebakaran di depo Plumpang.

Baca juga : Pertamina Bertanggung Jawab

Dia meminta, Pertamina diberi kesempatan untuk menyelesaikan masalah kebakaran ini dulu. Ini lebih penting karena menyangkut keamanan dan keselamatan orang-orang yang ada di kawasan depo dan lingkungan masyarakat sekitar.

“Kita jangan berpolemik dulu tentang penyebab kebakaran. Masalah itu bisa kita bicarakan setelah kebakaran diselesaikan dan penanganan korban sudah dituntaskan," imbuhnya Mulyanto. 

Baca juga : Depo Plumpang Kebakaran, Dirut Pertamina Minta Maaf

Untuk menghindari kejadian serupa Mulyanto minta Pertamina segera melakukan audit keamanan di semua depo dan kilang BBM. Apalagi kondisi cuaca belakangan ini sering hujan disertai kilat dan petir sehingga bisa menyebabkan kebakaran di kilang-kilang minyak. 

"Pertamina harus melakukan penelitian untuk mengetahui kondisi setiap depo dan kilang yang dimiliki sehingga dapat dilakukan mitigasi dan pencegahan di masa-masa mendatang," ujar Mulyanto. 

Baca juga : Depo Plumpang Kebakaran, Pertamina Fokus Evakuasi Pekerja Dan Warga

Ia minta pemeriksaan depo dan kilang BBM dilakukan secara berkala. Bagi fasilitas depo dan kilang BBM yang sudah tua harus diaudit secara komprehensif. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.