Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Masyarakat Indonesia Khidmat Peringati Detik-Detik Proklamasi di Bangkok

Sabtu, 17 Agustus 2019 15:36 WIB
Duta Besar RI untuk Thailand Ahmad Rusdi sebagai Inspektur Upacara di KBRI Bangkok. (Foto KBRI Bangkok)
Duta Besar RI untuk Thailand Ahmad Rusdi sebagai Inspektur Upacara di KBRI Bangkok. (Foto KBRI Bangkok)

RM.id  Rakyat Merdeka - Cuaca cerah di pagi hari semakin menambah khidmat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, yang dilaksanakan di lapangan sepak bola Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok pada 17 Agustus 2019. Tepat pada pukul 09.40 upacara dimulai dengan Duta Besar RI untuk Thailand, Ahmad Rusdi sebagai Inspektur Upacara dan Mayor Arm Debi Irawan sebagai Komandan Upacara.

Upacara tersebut diikuti lebih dari 600 warga masyarakat Indonesia, antara lain lain staf KBRI Bangkok, Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Bangkok, siswa dan guru Sekolah Indonesia Bangkok (SIB), hingga masyarakat Persatuan Mahasiswa Indonesia di Thailand (Permitha). Tampak hadir juga Ibu Armida S. Alisjahbana, Executive Secretary UN ESCAP dan para anggota TNI yang tengah menempuh pendidikan di Thailand.

Baca juga : Hak Masyarakat Mendapatkan Pendidikan Berkualitas

Rangkaian tata cara Upacara, yang meliputi penaikan Bendera Merah Putih oleh 25 anggota Paskibra yang merupakan siswa siswi SIB.  Peringatan Detik-Detik Proklamasi yang ditandai dengan sirine dan pemukulan gong, Pembacaan Teks Proklamasi, serta paduan suara para siswa SIB. Acara berlangsung tertib dan khidmat. Upacara ini juga diliput beberapa media lokal seperti ABTV, Nation TV, dan Thai PBS.

Khidmatnya pelaksanaan Upacara benar-benar menggambarkan tingginya semangat nasionalisme dan cinta tanah air warga Indonesia, meskipun berada jauh dari tanah air. Tampak juga warga Indonesia yang sedang berlibur di Bangkok yang dengan antusias menyempatkan diri untuk mengikuti Upacara di KBRI Bangkok.

Baca juga : Pagi Ini, Jakarta Ranking Dua Kota Paling Berpolusi Sedunia

Dari pukul 08.00 pagi, warga Indonesia sudah berdatangan ke KBRI Bangkok, yang telah dimeriahkan oleh dekorasi merah putih sejak seminggu yang lalu. “Bisa mengikuti upacara dan menyanyikan lagu Indonesia Raya merupakan kebanggaan tersendiri,“ ujar Muhammad Firstyan, WNI yang tinggal di Phuket yang berjarak 850 km dari Bangkok.

Firstyan bersama dua orang rekannya menempuh perjalanan dengan pesawat terbang untuk dapat mengikuti detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di KBRI Bangkok. Antusiasme warga Indonesia di Bangkok dan sekitar dalam mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi patut mendapatkan apresiasi yang tinggi. Semangat ini harus selalu dipupuk, khususnya di kalangan generasi muda Indonesia sebagai kewajiban kita bersama untuk membina dan meningkatkan rasa cinta tanah air kepada generasi penerus bangsa.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.