Dark/Light Mode

Mampu Optimalkan Realisasi Investasi Kuartal I 2023, DPR Apresiasi Kinerja Menteri Bahlil

Sabtu, 29 April 2023 18:00 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia (Foto: Sekretariat Presiden)
Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia (Foto: Sekretariat Presiden)

 Sebelumnya 
Bahlil menjelaskan, berdasarkan sektor usaha, realisasi investasi terbesar pada kuartal pertama 2023 berasal dari sektor industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatan, dengan realisasi investasi sebesar Rp 46,7 triliun.

Realisasi ini kemudian diikuti oleh sektor transportasi, gudang dan telekomunikasi dengan realisasi investasi sebesar Rp36,1 triliun dan sektor pertambangan sebesar Rp 33,5 triliun.

Baca juga : Wakil Ketua Komisi VI Apresiasi Kinerja Waskita Toll Road

Selain itu, sektor perumahan, kawasan industri dan perkantoran juga mencatatkan realisasi investasi yang besar, yaitu Rp 27,9 triliun, serta sektor industri kimia dan farmasi sebesar Rp 22,6 triliun.

Bahlil mengatakan, secara keseluruhan, sektor industri pengolahan berkontribusi sebesar 42,5 persen dari total capaian realisasi investasi kuartal I/2023.

Baca juga : Perekonomian Sehat, John Riady: Apresiasi Kinerja Tim Ekonomi

Sepanjang 2022 hingga kuartal I/2023, imbuhnya, sektor industri pengolahan seperti industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya, konsisten berada di peringkat atas sektor penyumbang investasi terbesar di Indonesia.

”Kami terus mengawal investasi di sektor strategis yang memberikan nilai tambah, seperti hilirisasi sumber daya mineral,” jelasnya.

Baca juga : GP Ansor: Bukti Apresiasi Publik Atas Kinerja Cemerlang Erick Thohir

Adapun, pada kuartal I/2023, realisasi penanaman modal asing (PMA) pada sektor manufaktur, khususnya industri logam menempati urutan pertama, yaitu sebesar 2,9 miliar dolar AS.

“Hal tersebut menunjukkan bahwa kebijakan pemerintah melalui program hilirisasi sumber daya alam telah berdampak positif terhadap capaian kinerja investasi di tahun 2023,” tukas Bahlil. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.