Dark/Light Mode

Turis Nyambi Jadi Pekerja

Kemlu, Panggil Para Dubes

Jumat, 2 Juni 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi I DPR Christina Aryani. (Foto: Dok. DPR RI)
Anggota Komisi I DPR Christina Aryani. (Foto: Dok. DPR RI)

 Sebelumnya 
Hal senada dilontarkan ang­gota Komisi X DPR Andreas Hugo Parrera. Kemajuan pari­wisata di Bali tidak boleh mengabaikan rasa aman dan kenyamanan masyarakat Indonesia sendiri, khususnya warga Bali.

“Kita harus melindungi mar­tabat Indonesia, karena ini me­nyangkut pariwisata negeri,” tegas Andreas.

Baca juga : Hore, INSA Kembali Jadi Keluarga Besar FASA

Karena itu, dia meminta agar pengawasan terhadap WNA harus semakin diperketat. Pemerintah Pusat harus bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk memastikan pembenahan sistem pengawasan terhadap WNA di Bali benar-benar berjalan.

“Perlu ketegasan dan kedi­siplinan aturan wisatawan dari Pemerintah, sehingga wisatawan tetap merasa nyaman saat berada di Bali,” ucap anggota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Baca juga : Bukalapak Dan Prakerja Gelar Pelatihan Online Gratis

Andrea menuturkan, menjaga citra Bali perlu diawali dengan sikap responsif dari pihak berwajib. Pemerintah termasuk aparat juga harus bergerak cepat menindaklanjuti setiap laporan warga atas WNA yang menyimpang dari tujuannya ke Indonesia.

Karena itu, dia meminta WNA yang melanggar aturan ditindak tegas. Apalagi jika sikap dan perilakunya sudah meresahkan dan merusak.

Baca juga : Ganjar: Desa Jadi Indikator Penting Mengukur Kemajuan Daerah

“Kita punya aparat hukum, tegakkan saja aturan yang ber­laku. Siapa pun yang melanggar hukum, baik itu WNA maupun WNI di wilayah Republik Indo­nesia ini, ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku,” tu­turnya. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.