Dark/Light Mode

Beri Bekal Keterampilan

Kartu Prakerja Sasar 17 Juta Kaum Muda

Rabu, 21 Juni 2023 07:45 WIB
Anggota Komisi VII DPR Gandung Pardiman. (Foto: Dok. Golkar)
Anggota Komisi VII DPR Gandung Pardiman. (Foto: Dok. Golkar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VII DPR Gandung Pardiman terus mendorong Pemerintah memberikan bekal keterampilan kepada generasi muda. Dengan begitu, kaum muda bisa lebih berdaya saing, sehingga bisa ikut terjun di dunia industri dan bursa tenaga kerja.

"Di era globalisasi, generasi muda Indonesia khususnya Yogyakarta, harus memiliki keterampilan agar dapat bersaing dengan tenaga kerja dari daerah lain atau asing. Tanpa itu, kita hanya menjadi penonton di daerah sendiri," kata Gandung saat membuka pelatihan keterampilan bagi generasi muda di Yogyakarta, kemarin.

Gandung menuturkan, pembekalan keterampilan dan skill sejatinya harus terus diberikan kepada generasi muda. Dia tidak ingin anak muda justru menjadi kelompok yang tidak bekerja lantaran keterampilan dan skill kurang.

Baca juga : Neuro Care Gratiskan Konsultasi Saraf Untuk Komunitas Anak Muda

"Maka dari itu, kuncinya adalah pengembangan potensi diri dan punya keinginan kuat untuk maju. Dengan modal itu, kita akan memenangkan persaingan," terang Gandung.

Terpisah, Direktur Eksekutif Prakerja Denni Puspa Purbasari menuturkan, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian melalui Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja akan menyelenggarakan konferensi internasional bersama UIL (The UNESCO Institute for Lifelong Learning) di Bali awal Juli 2023.

Konferensi ini diadakan setelah melihat besarnya kontribusi yang diberikan kepada masyarakat selama Program Kartu Prakerja dijalankan.

Baca juga : Penjelasan KPU Tak Memuaskan

“Program Kartu Prakerja terbukti mendapat perhatian dunia karena kiprahnya selama ini yang berhasil memberi manfaat kepada sekitar 17 juta rakyat Indonesia,” kata Denni.

 Terutama terkait fungsinya yang memberikan kesempatan masyarakat untuk mengembangkan diri.

Adapun beasiswa pelatihan yang diberikan Program Kartu Prakerja merupakan program nyata yang disediakan Pemerintah untuk memperkecil gap antara kebutuhan tenaga kerja dengan ketersediaannya.

Baca juga : Golkar DIY Siap Kepung MK

Dengan mengikuti pelatihan, angkatan kerja Indonesia memiliki peluang yang lebih banyak.

Karena itu, Prakerja hadir di tengah disrupsi digital, memberikan kesempatan yang sama bagi setiap warga Indonesia, dari Sabang sampai Merauke untuk mendapatkan pelatihan berkualitas.

 “Dengan perkembangan teknologi digital dan kerja sama berbagai pihak terutama swasta, Prakerja membuktikan bahwa sebagian besar peserta kita adalah dari desa,” jelas Denni.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.