Dark/Light Mode

Gelar Sosialisasi Bareng LPDB KUMKM, Melani Suharli Harap Dana Bergulir Lahirkan Lebih Banyak Wirausahawan

Minggu, 25 Juni 2023 19:33 WIB
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar sosialisasi dana bergulir bersama LPDB Kementerian Koperasi dan UKM Kemenkop UKM. (Foto: Ist)
Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar sosialisasi dana bergulir bersama LPDB Kementerian Koperasi dan UKM Kemenkop UKM. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR Melani Leimena Suharli menggelar sosialisasi bersama Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) bagi konstituennya.

Sosialisasi dengan tema "Penguatan Ketahanan Pangan Melalui Pinjaman/Pembiayaan Dana Bergulir Kepada Koperasi di Provinsi DKI Jakarta" itu digelar di Hotel Amos Cozy, Melawai, Minggu (25/6).

Melani berharap, sosialisasi ini bisa memberikan pengetahuan dan wawasan baru bagi para peserta, yang terdiri dari perwakilan masyarakat dan para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) binaannya di Jakarta Pusat dan Selatan.

"Sehingga nantinya para pelaku usaha mikro dapat lebih bersemangat lagi dalam menjalankan usaha," ujar Melani.

Politisi Partai Demokrat itu mengungkapkan, Indonesia memiliki tingkat partisipasi wirausaha pemula yang tinggi yang ditunjukkan dengan tingginya individu yang memulai usaha baru.

Namun, tingkat partisipasi wirausaha pemula ternyata belum berbanding lurus dengan keinginan atau aspirasi para wirausahawan untuk berkembang. Ini menunjukkan adanya persoalan kualitas kewirausahaan.

"Tingginya minat melakukan usaha belum dibarengi penyerapan tenaga kerja dari usaha baru dan keinginan pelaku usaha untuk memasuki pasar global dan melakukan ekspor cenderung rendah," tuturnya.

Baca juga : Bakti Sosial Dharma Wanita Sarana Jaya Meriahkan HUT Ke-496 Jakarta

Putri pahlawan Nasional dr Johannes Leimena ini mengungkapkan, menurut Global Entrepreneurship Index (GEI) Rating Indonesia dalam kewirausahaan global masih dalam strata menengah, berada pada peringkat ke 74 dari 137 negara.

Dalam digital platform Indonesia berdasarkan GDPEI (Global Digital Platform Economy Index) Indonesia berada di posisi 76 dari 116 negara.

"Hal-hal di atas adalah PR bagi kita semua. Dengan data-data bukan berarti membuat kita ciut, tetapi justru menjadi penyemangat, terutama bagi para pelaku UMKM di Jakarta Pusat dan Selatan yang berada di dapil saya," harap Melani.

Melani kemudian mengingatkan pentingnya peran LPDB bagi koperasi dan pelaku usaha untuk kemajuan ekonomi nasional.

Dijelaskannya, LPDB Koperasi merupakan satuan kerja Kemenkop UKM yang mempunyai tugas mengelola dana bergulir untuk disalurkan dalam bentuk pinjaman/pembiayaan atau dalam bentuk lainnya, untuk kegiatan perkuatan modal usaha bagi koperasi, usaha mikro, kecil, menengah, dan usaha lainnya, yang berada di bawah pembinaan kementerian negara/lembaga.

 

 

Nah, pelaku usaha mikro, kecil dan menengah bisa mengakses pembiayaan pinjaman dana bergulir melalui LPDB.

Baca juga : Kolaborasi Bank Mandiri Mantap Dan Heksa Insurance Hadirkan Asuransi Jiwa Kredit

"Dengan dibentuknya LPDB-KUMKM, diharapkan pengelolaan dana bergulir dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan dan menghasilkan manfaat berkelanjutan atas penyaluran dana bergulir kepada koperasi dan UMKM," ungkapnya.

Melani pun berharap, acara sosialisasi Dana Bergulir LPDB KUMKM Tahun 2023 mampu memfasilitasi koperasi untuk mengakses permodalan dari LPDB.

Juga, mengembangkan dan memberdayakan usaha koperasi melalui hubungan dan penguatan permodalan, serta mengembangkan kemitraan antara koperasi dengan LPDB.

"Harapannya program dana bergulir ini dapat memberikan manfaat dan dapat terakses oleh koperasi-koperasi di DKI Jakarta," ucap anggota parlemen tiga periode ini.

"Saya berharap koperasi juga siap, agar saya juga bisa mendorong kemajuan koperasi dan membantu para pelaku UMKM yang ingin membentuk koperasi," sambung Melani.

Dia melanjutkan, LPDB-KUMKM terus menjalin kerja sama yang harmonis dengan berbagai pihak dalam upaya mendukung dalam menyalurkan pinjaman atau pembiayaan kepada koperasi di seluruh Indonesia.

"LPDB-KUMKM terus berupaya mendukung seluruh kegiatan pemulihan ekonomi, terutama keberlangsungan Usaha Koperasi dan UMKM," ucap Melani.

Baca juga : OMG Sulteng Peduli Seni Musik Dan Siap Bergerilya Jadikan Ganjar Presiden

Melani memastikan terus mendorong Kemenkop UKM untuk berkembang dan maju, sehingga peranannya dalam memberdayakan koperasi dan UMKM benar-benar maksimal, sehingga koperasi dan UMKM kuat.

"Jika koperasi dan UMKM kuat, maka perekonomian Indonesia semakin baik di masa depan," ingatnya.

"Maju terus Koperasi Indonesia. Maju terus UMKM. Sukses untuk LPDB. Sukses untuk Kemenkop UKM RI," seru Melani, menutup sambutannya.

Sebagai pembicara, Ketua Pusat Inkubasi Bisnis dan Usaha Kecil (PINBUK Indonesia) Rahmatul Firdaus. Kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri Anggota DPRD DKI Jakarta Ali Muhammad Johan.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.