Dark/Light Mode

Pendidikan Masih Banyak Masalah

Duh, Ada Daerah Darurat Guru

Sabtu, 5 Agustus 2023 07:30 WIB
Anggota Komisi X DPR Muhammad Nur Purnamasidi. (Foto: dok. DPR RI)
Anggota Komisi X DPR Muhammad Nur Purnamasidi. (Foto: dok. DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Senayan menemukan beragam persoalan di sektor pendidikan di berbagai daerah. Problem yang mengemuka salah satunya soal jumlah dan kompetensi guru yang masih terbilang minim.

Anggota Komisi X DPR Muhammad Nur Purnamasidi menuturkan, saat ini guru dituntut meningkatkan kompetensi, profesionalitas, dan transformasi menghadapi tantangan di sektor pendidikan. Namun sayang, jumlah guru yang berkualitas saat ini sangat terbatas.

Muhammad Nur lalu menying­gung jumlah guru di daerah pemilihannya, Lumajang, Jawa Timur. Lumajang termasuk daerah darurat guru dan tenaga pendidik dengan 1.600 lebih kuota guru yang kosong.

Baca juga : Apresiasi Batik Nasabah PNM Diapresiasi Jokowi Di GBN 2023

Sementara, formasi yang sudah ditetapkan sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) masih sangat rendah, yakni di kisaran 282 kuota guru pada Juli 2023.

“Hal itu menjadi perhatian stakeholder dan harus kita evaluasi bersama agar sektor Pendidikan di Lumajang menjadi lebih baik lagi ke depan,” kata Purnamasidi di Lumajang, kemarin.

Dia bilang, guru diharapkan tidak sekadar mampu melakukan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak didiknya. Guru juga mesti memberikan ruang terbangunnya kreativitas, inovasi dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki para siswa.

Baca juga : Relawan Mas Bowo Gelar Kegiatan Sosial Di 3 Daerah

Karena itu, sangat penting mengintegrasikan teori yang ada dengan praktik atau realitas yang terjadi di lingkup sosial masyarakat.

“Dalam Merdeka Belajar, proses belajar mengajar tidak hanya di ruang sekolah, juga harus disinergikan dengan ber­bagai komunitas sosial yang ada,” ujarnya.

Makanya, dia berpandangan, hadirnya platform digital dalam dunia pendidikan merupakan hal yang tidak bisa dihindari. Bahkan menjadi keniscayaan dengan kemajuan dan perubahan yang cepat dan eskalatif di bidang Ilmu pengetahuan serta teknologi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.