Dark/Light Mode

Hasilkan Riset Bermanfaat

Ingat, Peneliti Tentukan Daya Saing Bangsa Lho...

Minggu, 6 Agustus 2023 07:30 WIB
Anggota Komisi X DPR Mustafa Kamal. (Foto: Humas Fraksi PKS)
Anggota Komisi X DPR Mustafa Kamal. (Foto: Humas Fraksi PKS)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi X DPR Mustafa Kamal mengajak para peneliti untuk menghasilkan riset dan inovasi yang bermanfaat buat masyarakat. Hal ini penting, agar kehadiran peneliti benar-benar berkontribusi besar bagi kemaslahatan bangsa.

“Dalam penelitian, imple­metasi dari hasil penelitian ini harus benar-benar diperhatikan. Saya berharap, riset dan inovasi yang dilakukan memberikan efek signifikan bagi kemajuan dan kesejahteraan rakyat Indonesia,” kata Mustafa Kamal dalam workshop peningkatan kualitas penelitian dosen pemula di Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah Wilayah II, Palembang, kemarin.

Baca juga : Lembaga Pendidikan Keagamaan Berperan Penting Untuk Pembangunan Bangsa

Politisi Fraksi PKS ini menuturkan, Indonesia merupakan negara kepulauan yang kaya akan sumber daya alam ber­limpah. Tidak hanya itu, Indonesia juga kaya akan dengan beragam budaya dan sosial masyarakat.

Tentunya potensi tersebut, menjadi lahan bagi peneliti untuk melakukan berbagai kegiatan riset dan inovasi di berbagai bidang sains, teknologi, sosial, budaya, hingga bidang humaniora. “Potensi bangsa ini harus dimanfaatkan para peneliti untuk mengembangkan dunia penelitian,” ajaknya.

Baca juga : Mardiono Bersama Rombongan PPP Kunjungan Ke IKN: Masa Depan Bangsa

Dalam kesempatan tersebut, dia juga meminta agar para peneliti juga memperluas ja­ringan dan kemitraan, termasuk kemitraan dengan politisi. ­Karena itu, dia mengajak peneliti dan politisi untuk saling ber­sinergi dan berkolaborasi.

“Jangan alergi dengan politisi. Karena politisi adalah pengambil kebijakan sehingga hasil-hasil penelitian bisa langsung diimplementasikan dalam bentuk kebijakan. Karena itu, politisi dan peneliti harus bermitra, tidak berjalan sendiri-sendiri,” pungkas Mustafa.

Baca juga : Gerakan Passeddingeng Ganjar Gelar Pelatihan Tata Rias Di Bone

Hal senada dilontarkan ­anggota Komisi X DPR Robert J Kardinal. Dia menegaskan, kemajuan dari sebuah bangsa sangat terletak pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek). Semua ini bisa diraih ­jika para peneliti melahirkan banyak hasil riset dan inovasi yang terimplementasi dengan baik ke tengah-tengah masya­rakat.

“Tentunya dalam hal ini dosen dan para peneliti merupakan ­garda terdepan dan memainkan peran sentral dalam perkem­bangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan riset,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.