Dark/Light Mode

Gandeng Nobu Bank, Amartha Salurkan Modal UMKM Rp 100 Miliar

Rabu, 2 Agustus 2023 07:56 WIB
Kerja sama Amartha dan Nobu Bank dalam menyalurkan modal ultra mikro untuk UMKM. (Foto: Dok. Amartha)
Kerja sama Amartha dan Nobu Bank dalam menyalurkan modal ultra mikro untuk UMKM. (Foto: Dok. Amartha)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Amartha Mikro Fintek (Amartha), prosperity platform yang berfokus pada pengembangan UMKM lewat layanan keuangan inklusif.

Amartha resmi berkolaborasi dengan PT Bank Nationalnobu Tbk (Nobu Bank) untuk mendukung permodalan pelaku usaha ultra mikro di pedesaan di berbagai lokasi di Indonesia dengan komitmen tahap awal sebesar Rp 100 miliar.

Peresmian kolaborasi ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan di Kantor Nobu Bank Gajah Mada Tower, Jakarta Pusat, Kamis (27/7) lalu.

Kolaborasi yang terjalin antara Amartha dan Nobu Bank ini untuk mengakselerasi permodalan usaha produktif bagi lebih dari 30.000 mitra binaan Amartha di berbagai sektor usaha khususnya di Pulau Jawa, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.

Baca juga : Ganjar Milenial Wujudkan Generasi Muda Unggul Dan Berkualitas

Chief Funding Officer Amartha, Julie Fauzie mengatakan, dalam mengakselerasi modal usaha produktif bagi para pelaku UMKM di Indonesia yang merupakan tulang punggung ekonomi nasional, tidak dapat dilakukan Amartha sendiri.

 “Amartha menyambut baik kolaborasi sinergis dengan Nobu Bank yang berpengalaman lebih dari 30 tahun di industri keuangan serta memiliki kesamaan visi-misi mendukung segmen UMKM dan ultra mikro," ujar Julie dalam keterangannya, Selasa (1/8).

Ia berharap semoga dengan kerja sama ini, bisa yang memberikan dampak nyata bagi peningkatan ekonomi dan taraf hidup pelaku UMKM.

Direktur Nobu Bank, Andrian Meirawan Saputra, menjelaskan bahwa penandatanganan kerja sama dengan Amartha adalah wujud komitmen Nobu Bank dalam mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia.

Baca juga : Gandeng UIN Yogyakarta, Yayasan AHM Kembangkan Eduwisata

“Kami melihat semangat dan komitmen yang sama dari Amartha yang selama ini secara konsisten memberikan pendampingan dan dukungan permodalan bagi UMKM, khususnya pelaku usaha ultra mikro," ujar Adrian.

Menurut Adrian, Amartha telah terbukti secara konsisten memberikan dukungan kepada UMKM dalam meningkatkan daya saing di pasar, tidak hanya melalui modal kerja tetapi juga literasi keuangan dan digital.

Lebih jauh Andrian menambahkan bahwa kerja sama kolaboratif ini juga menjadi salah satu milestone penting bagi Nobu Bank yang fokus mengembangkan segmen kredit mikro, selain segmen konsumer dan UKM yang selama ini telah menjadi kompetensi utamanya.

Bertepatan memasuki usianya yang ke-13, Amartha mencatatkan performa yang baik.

Baca juga : Penataaan KSPN Borobudur, PUPR Telan Biaya Rp 270,5 Miliar

Total penyaluran modal usaha produktif hingga akhir Kuartal I tahun 2023 di Pulau Sumatera, Jawa, dan Sulawesi mengalami peningkatan dua kali lipat dibandingkan periode di tahun sebelumnya.

"Hingga saat ini Amartha telah menjalin kolaborasi dengan lebih dari 30 institusi di sektor keuangan. Kami optimis mampu mengakselerasi pertumbuhan kredit produktif dan memperluas inklusi keuangan secara merata,” pungkas Julie.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.