Dark/Light Mode

Komisi Urusan Politik AIPA Setujui 6 Resolusi

Rabu, 9 Agustus 2023 23:52 WIB
Ketua Badan Kerja-Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Fadli Zon
Ketua Badan Kerja-Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Fadli Zon

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Badan Kerja-Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR, Fadli Zon mengungkapkan 'The Meeting of the Committee on Political Matters' atau Pertemuan Komite Urusan Politik AIPA ke-44Th menyetujui 6 Resolusi.

Pertama, esolusi Adopsi Laporan ASEAN-AIPA Leaders’ Interface pada KTT ASEAN ke-42. 

Hal itu disampaikan Fadli selaku 'Chair Person The Meeting of the Committee on Political Matters' saat Sidang Paripurna ke-II AIPA ke-44 Th yang dipimpin Ketua DPR RI sekaligus Presiden AIPA Dr. (H.C.) Puan Maharani di Fairmont, Senayan, Jakarta, dikutip laman parlemen Rabu (9/8).

Baca juga : Konsumsi Air Dalam Kemasan Tidak Sebabkan Obesitas

 "Laporan ASEAN-AIPA Leaders' Interface pada KTT ASEAN ke-42 membahas acara yang diselenggarakan pada tanggal 10 Mei 2023 untuk memperkuat kerjasama antara Kepala Negara/Pemerintahan Negara Anggota ASEAN dengan Speaker/Wakil Speaker/Perwakilan dari Majelis Antar-Parlemen ASEAN (AIPA)," ujar Fadli.

Kedua, Resolusi Penerimaan Laporan Kaukus AIPA ke-14 Diselenggarakan oleh Majelis Nasional Republik Sosialis Vietnam. 

Fadli menyatakan, Komite Masalah Politik dengan suara bulat menyetujui Laporan Kaukus AIPA ke-14. 

Baca juga : Memilih Pemimpin Berpengetahuan Geopolitik Dan Geostrategi Indonesia

Resolusi tersebut, melaporkan Kaukus AIPA ke-14 yang diselenggarakan oleh Majelis Nasional Republik Sosialis Vietnam di Provinsi Phu Quoc-Kien Giang, Vietnam pada 9-12 Juli 2023 dengan tema 'Mempromosikan inovasi, transfer, penerapan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk pertumbuhan dan pembangunan yang berkelanjutan'

Resolusi ketiga, Resolusi Menjaga Perdamaian, Keamanan dan Stabilitas Kawasan melalui Dialog dan Kolaborasi. 

"Mengakui tantangan global dan regional yang belum pernah terjadi sebelumnya yang dihadapi oleh ASEAN, Komite meminta komitmen parlemen anggota AIPA untuk meningkatkan peran dan kontribusi mereka," tutur Fadli.

Baca juga : Kominfo Gencarkan Promosi Wisata Likupang Di Medsos

"Serta keterlibatan mereka dalam dialog konstruktif dengan pihak-pihak terkait, dalam upaya memperkuat perdamaian, keamanan, dan stabilitas kawasan melalui dialog dan kolaborasi, menjunjung sentralitas dan persatuan ASEAN," sambung Fadli.

Resolusi keempat, Resolusi Ancaman Terorisme, Ekstremisme Kekerasan dan Radikalisasi. Kelima, Resolusi tentang Peran Anggota Parlemen dalam Mengatasi Nexus Keamanan Air, Energi dan Pangan (WEF) di ASEAN serta resolusi keenam, Resolusi Kerjasama Parlemen dalam Berkontribusi pada Perdamaian Jangka Panjang di Myanmar.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.