Dark/Light Mode

Wakil Ketua DPD Beri Motivasi OKK Universitas Indonesia

Senin, 14 Agustus 2023 21:34 WIB
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sultan B Najamudin menjadi pembicara Orientasi Kegiatan Kampus (OKK) Universitas Indonesia UI 2023 yang digelar di Auditorium Balairung UI, Depok, Senin (14/8). Foto: Istimewa
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sultan B Najamudin menjadi pembicara Orientasi Kegiatan Kampus (OKK) Universitas Indonesia UI 2023 yang digelar di Auditorium Balairung UI, Depok, Senin (14/8). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sultan B Najamudin menjadi pembicara sekaligus memberikan motivasi ribuan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dalam kegiatan Orientasi Kegiatan Kampus (OKK) UI 2023 yang digelar di Auditorium Balairung UI, Depok, Senin (14/8).

Dalam pemaparannya, Wakil Ketua DPD RI Sultan menyampaikan beberapa pengalaman hidupnya baik saat menjadi mahasiswa, aktivis, menjadi pengusaha, hingga merintis karier politiknya menjadi anggota parlemen muda.

Selanjutnya, menjadi Wakil Gubernur termuda hingga Wakil Ketua DPD RI termuda dalam sejarah yang penuh dengan loncatan dan dinamika.

Dia berharap, pengalamannya bisa dijadikan bahan motivasi oleh para mahasiswa baru UI. Sultan yang punya tekad sejak dahulu hidup tak akan menyusahkan orang tua, berprinsip bahwa kegagalan adalah modal untuk bangkit di fase hidup selanjutnya.

Baca juga : Kementerian ESDM Apresiasi Inovasi PLN Masuk Top 100 Fortune Indonesia

"Oleh sebab itu, para mahasiswa bekali lah diri kalian dengan melek digital (digital literacy), skill wirausaha (entrepreneurship) dan penguasaan knowledge (broader knowledge). Bagi saya pengalaman keras di masa muda membuat saya lebih kuat untuk mengejar impian termasuk dalam wirausaha dan networking," pesan mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini.

Selanjutnya, Sultan dalam sambutan diskusinya menyatakan, percepatan pembangunan bangsa dalam membangun generasi bangsa harus segera dikebut karena faktor teknologi, internet of things (IoT), Artificial Intelligence sudah berkembang pesat. Cara-cara konvensional dalam menghadapi tantangan zaman, harus diubah sedikit demi sedikit. Sejalan dengan kecepatan perkembangan teknologi digital.

"Saya berharap mahasiswa UI mencetak para pemimpin dan terus berkerja sama dengan semua pihak terutama dengan DPD RI untuk program literasi tentang leadership, politik kewarganegaraan, penguatan isu kebangsaan dan entrepreneurship mahasiswa," harap mantan Ketua KNPI dan HIPMI ini.

Sultan berharap, mahasiswa UI bisa berkarir di semua lapisan. Dikatakan, generasi muda lazimnya banyak membawa perubahan. Untuk itu, generasi muda mahasiswa UI harus diberi kesempatan.

Baca juga : Gelar Friendly Match, IKA FH Unpad Dan ILUNI FHUI Beri Contoh Persatuan Indonesia

"Tetapi tentu kesempatan itu dapat tercapai kalau punya kompetensi dan skill yang mumpuni," ingat Sultan.

Di samping memberi motivasi, Sultan pun membagikan door prize bagi beberapa mahasiswa yang berasal dari daerah paling jauh. Seperti Aceh, Papua, hingga Maluku.

"Ini saya lakukan untuk memberi semangat karena 20 tahun lalu saya di ruangan ini di bawah dengan posisi sebagai pendengar. Saat ini saya di depan adik-adik semua sebagai pembicara," ucapnya.

Diingatkan, tak ada yang mudah untuk mencapai sesuatu. Selalu ada harga yang harus dibayar dalam setiap pencapaian.

Baca juga : Kaget Diminta Bugil

"Saya tidur paling lambat dan bangun paling cepat hanya untuk mendapatkan impian saya dan itu saya lakukan berpuluh tahun," ungkap Sultan.

Pada kegiatan OKK UI hadir panitia OKK UI, mahasiswa baru sekitar 11 ribu orang, pimpinan UI dari tingkat universitas dan fakultas dan serta para dosen dan civitas akademika UI.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.