Dark/Light Mode

Gelar Friendly Match, IKA FH Unpad Dan ILUNI FHUI Beri Contoh Persatuan Indonesia

Kamis, 10 Agustus 2023 19:33 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Dua ikatan alumni fakultas hukum ternama di Indonesia, Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran (IKA FH Unpad) dan Ikatan Alumni Fakultas Hukum Universitas Indonesia (ILUNI FHUI) menggelar pertandingan sepak bola persahabatan di Gelora Bung Karno (GBK) Rabu (9/8).

Salah satu perwakilan alumni FH UNPAD, Achmad Jaka Santos Adiwijaya sekaligus Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) mengatakan, pertandingan persahabatan itu mempunyai tujuan baik untuk memberikan contoh kepada masyarakat tentang persaudaraan dan persatuan Indonesia.

Diharapkan, dengan pertandingan ini, kedua belah pihak sebagai fakultas hukum yang punya reputasi baik di mata masyarakat Indonesia, dapat memberikan contoh bahwa persatuan Indonesia itu bisa diwujudkan dalam banyak hal.

"Baik dalam kehidupan sehari-hari, kehidupan profesi maupun kehidupan pergaulan sosial di level apa pun, termasuk di level pendidikan tinggi," jelasnya kepada media di Jakarta, Kamis (10/8).

Baca juga : Gandeng Bumilangit, Matahari Hadirkan Koleksi Fesyen Superhero Indonesia

Jaka menambahkan, selain memberikan contoh persatuan, pertandingan persahabatan itu dapat memberikan tontonan yang menarik meski hanya pertandingan persahabatan.

Lantaran sisi kompetisinya tetap bisa ditampilkan untuk menarik perhatian penonton.

"Masing-masing dari tim diharapkan bisa menampilkan kualitas pertandingan sesuai dengan levelnya, itu sebagai suatu suguhan pertandingan yang enak ditonton meskipun dalam persahabatan," tambahnya.

Selanjutnya, Doktor ilmu hukum ini mengatakan, menang atau kalah tetap harus dinikmati sebagai pertandingan persahabatan.

Baca juga : Gandeng World Friends Korea, Pandu Digital Genjot Literasi Digital Di Indonesia

Sebab, tujuan utamanya adalah menjalin tali silaturahmi antar kedua belah pihak.

"Kita nikmati sebagai suatu pertandingan persahabatan, yang menang artinya dia bisa mendapatkan kredit lebih baik, yang kalah tidak masalah, karena ini toh sebuah persahabatan, tujuan utamanya pasti adalah terjalinnya persahabatan itu sendiri bukan sekadar menang kalah," paparnya.

Dijelaskan pula, saat ini Indonesia telah memasuki era menjelang Pemilu, sehingga kegiatan ini diharapkan bisa menjadi contoh persaingan yang sehat bagi para pemimpin yang akan terjun dalam kontestasi 2024 mendatang.

"Pastinya bisa menjadi contoh ya bagi persaingan-persaingan para pemimpin. Sebetulnya para pemimpin yang bersaing itu adalah bersaing dalam konteks persaudaraan sesama bangsa Indonesia untuk memilih yang terbaik tanpa harus saling menyakiti satu sama lain, sekalipun ada yang menang dan ada yang kalah," tutupnya.

Baca juga : RS Premier Jatinegara Kenalkan Layanan Eyecentric Clinic Pertama Di Indonesia

Sementara itu, ditempat yang sama, Ketua IKA FH Unpad, Yudhi Wibhisana menambahkan, pertandingan persahabatan ini menjadi awal untuk kerja sama di antara kedua alumni antara IKA FH Unpad maupun ILUNI FHUI.

“Friendly match ini bagian dari perjalanan join program antara IKA FH Unpad dengan ILUNI FHUI. Olahraga, kesenian dan kegiatan-kegiatan lain yang memberikan manfaat kepada masyarakat," kata pria yang akrab disapa Kang Kiduy ini.

Apalagi, kata Yudhi, tidak dapat dipungkiri bahwa sepakbola adalah salah satu olahraga pemersatu dan paling banyak peminatnya di kalangan masyarakat.

"Saat ini saja kami sedang merumuskan kegiatan untuk membahas beberapa rancangan undang-undang yang sudah dikeluarkan pemerintah atau DPR. Ke depan, insya allah, akan lebih banyak lagi kegiatan dari kami alumni FH Unpad dan UI," tutup Yudhi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.