Dark/Light Mode

Peringati HUT ke-78 MPR, Bamsoet Gelar Beragam Lomba

Selasa, 29 Agustus 2023 21:46 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat meninjau lomba foto jurnalis. (Foto: Dok. MPR)
Ketua MPR Bambang Soesatyo saat meninjau lomba foto jurnalis. (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyerahkan berbagai hadiah kepada para juara lomba yang diselenggarakan MPR dalam memeriahkan HUT ke-78 MPR. Terdapat 8 lomba yang diselenggarakan, yakni lomba ilustrasi, lomba video modul ajar, lomba podcast, lomba video explanatory, lomba karya jurnalis, lomba foto jurnalis, lomba catur, serta lomba stand up comedy.  

Kata Bamsoet, selain untuk mendekatkan MPR kepada rakyat, berbagai lomba tersebut juga untuk memfasilitasi kreativitas para anak bangsa. Sekaligus membuktikan bahwa MPR hadir di tengah kehidupan generasi muda yang memiliki banyak hobi beragam.

“Berbagai lomba tersebut juga sebagai bagian sosialisasi Empat Pilar MPR dengan cara yang unik, kekinian dan segar. Sesuai ciri khas generasi muda," ujar Bamsoet, usai memberikan hadiah kepada para juara lomba, dalam Tasyakuran Hari Konstitusi dan HUT ke-78 MPR, di Plaza Gedung Nusantara V MPR, Jakarta, Selasa (29/8). Turut hadir Wakil Ketua MPR Arsul Sani dan Ketua Fraksi Partai NasDem MPR Taufik Basari.

Baca juga : Gelar Stand Up Comedy Kritik MPR, Bamsoet Sosialisasi 4 Pilar dengan Kekinian

Ketua DPR ke-20 ini menjelaskan, dalam lomba foto jurnalis, Juara I dimenangkan M Taufan Rengganis dari Tempo dengan hadiah Rp 7,5 juta, Juara 2 Galih Pradipta dari Antara dengan hadiah Rp 5 juta. Juara 3 Sopian dari Akuratco dengan hadiah Rp 2,5 juta. Masing-masing juga mendapatkan trofi dan sertifikat. Lomba foto jurnalis juga memiliki Nominasi 1 yang diraih Didik Setiawan dari Inilahcom, Nominasi 2 diraih Prayogi dari Republika, serta Nominasi 3 diraih Hendra Eka dari Jawa Pos. Masing-masing mendapatkan hadiah Rp 1 juta, trofi, dan sertifikat.

"Lomba ilustrasi dimenangkan Aji Sasongko dari Banyumas, mendapatkan hadiah Rp 15 juta. Disusul Nur Rizka Ahmat dari Surabaya yang menjadi Nominator 1 serta Andy Santoso dari Bantul sebagai Nominator 2 yang masing-masing mendapatkan hadiah Rp 5 juta," kata Bamsoet.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ini memaparkan, lomba video modul ajar dimenangkan Eko Nur Fitrianto dari Bantul dengan hadiah Rp 15 juta. Sedangkan Nominator 1 dan 2 diraih Rizal Muhammad Zaid dari Lebak Bulus dan Nur Erniaty dari Pare-pare yang masing-masing mendapatkan hadiah Rp 5 juta.

Baca juga : Jelang HUT Ke-25, Bank Mandiri Gelar Entrepreneur Expo

"Lomba podcast dimenangkan Zakky Muhammad Deanra dari Pulo Gadung Jakarta Timur yang mendapatkan hadiah Rp 15 juta. Serta Nominator 1 dan 2 diraih Muhammad Fajri dari Depok dan Fathian Hafiz Aulia dari Bekasi yang masing-masing mendapatkan hadiah Rp 5 juta," jelas Bamsoet.

Ketua Dewan Pembina Depinas SOKSI ini menerangkan, Lomba video explanatory dimenangkan Jaka Purnama dari Pasuruan Jawa Timur yang berhak mendapatkan Rp 15 juta. Disusul Herlina Arista dari Serang dari Banten serta Seka Riski Esa Saputra dari Blitar Jawa Timur sebagai Nominator 1 dan 2 yang masing-masing berhak mendapatkan hadiah Rp 5 juta.

Untuk lomba karya jurnalis dimenangkan Sugandi dari Realita Rakyat yang mendapatkan hadiah Rp 7,5 juta. Juara 2 diraih Andoes Simbolon dari Berita Buana dengan hadiah Rp 5 juta. Juara 3 diraih Marhadi dari Pakuan Raya dengan hadiah Rp 2.5 juta.

Baca juga : Ramaikan HUT DPR ke-78, PIA Gelar Bazaar dan Pasar Murah

“Seluruh juara juga mendapatkan trofi dan sertifikat. Selain Juara 1, 2, dan 3, lomba karya jurnalis juga memiliki Nominasi 1 yang diraih Chaerul Umam dari Tribunnews, Nominasi 2 Asep Subagyo dari Lampu Hijau, serta Nominasi 3 Dominikus Dese dari Kabar Daerah. Masing-masing mendapatkan hadiah Rp 1 juta dengan trophy dan sertifikat," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menambahkan, lomba turnamen catur jurnalis, Juara 1 diraih Friederich Batari dari JPNNcom dengan hadiah trophy dan uang tunai Rp 5 juta. Juara 2 Miduk Siahaan dari Sumsel Update dengan hadiah trofi dan uang tunai Rp 4 juta. Serta Juara 3 diraih Sugandi dari Realitarakyatcom dengan hadiah trofi dan uang tunai Rp 3 juta.

"Untuk lomba stand up comedy MPR, Juara 1 dimenangkan komika Suwarjo Wijaya yang berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 17 juta. Juara 2 dimenangkan 2 oleh M Ronaldo yang mendapatkan hadiah Rp 13 juta. Juara 3 dimenangkan oleh Darwin Moa, mendapatkan hadiah Rp 10 juta dan Juara Favorit diraih Awaludin dengan hadiah Rp 5 juta" pungkas Bamsoet.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.