Dark/Light Mode

Kemenperin Raih WTP 15 Kali Berturut-turut

Agus Gumiwang Dipuji DPR

Jumat, 1 September 2023 07:20 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kanan) memberikan paparan saat rapat kerja bersama Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Foto: Antara)
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita (kedua kanan) memberikan paparan saat rapat kerja bersama Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2022. Komisi VII DPR memuji prestasi Kemenperin yang 15 kali berturut-turut meraih WTP sejak 2008.

Ketua Komisi VII DPR Su­geng Suparwoto mengatakan, DPR mempunyai tugas mem­bahas dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan keuangan negara yang disampaikan BPK.

Komisi VII memberikan apre­siasi tinggi terhadap upaya Ke­menperin meningkatkan kualitas laporan keuangan.

Baca juga : Kemenkumham Terima Opini WTP 14 Kali Berturut-turut

“Kita apresiasi perolehan opini WTP sejak tahun 2008. Ingat ya, WTP adalah Wajar Tanpa Penge­cualian, bukan Wajar Tanpa Pe­meriksaan,” kata Sugeng dalam Rapat Komisi VII DPR bersama Menperin Agus Gumiwang Kar­tasasmita di Gedung Parlemen, Jakarta, kemarin.

Dia mengingatkan Agus untuk menjelaskan tindak lanjut hasil temuan BPK. Di antaranya, per­soalan pengendalian intern dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

Wakil Ketua Komisi VII DPR Dony Maryadi Oekon juga mem­berikan apresiasi atas capaian WTP yang diraih Kemenperin 15 kali secara berturut-turut. Karena capaian yang luar biasa ini, dirinya bingung mau menanyakan tema apa terkait laporan keuangan Kemenperin.

Baca juga : BNPT Raih Opini WTP 10 Kali Berturut-Turut

“Saya lihat Kemenperin ini sudah sangat solid semua. Cuma kalau boleh, program untuk mas­yarakat, untuk teman-teman di­perbanyak juga Pak,” harap ang­gota Fraksi PDI Perjuangan ini.

Dia mengaku, masyarakat merasakan betul dampak pro­gram Pemerintah yang disa­lurkan melalui Kemenperin. Karenanya, Kemenperin pantas mendapat tambahan anggaran untuk tahun 2024.

“Mudah-mudahan program untuk masyarakat ini bertambah, karena teman-teman di dapil me­nyampaikan bahwa program itu sangat efektif dan bermanfaat,” tambahnya.

Baca juga : Top, Kemenag Raih 7 WTP Berturut turut Dari BPK

Hal senada dilontarkan ang­gota Komisi VII DPR Ramson Siagian. Menurutnya, capaian WTP 15 kali berturut-turut ini merupakan prestasi luar biasa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.