Dark/Light Mode

BNPT Raih Opini WTP 10 Kali Berturut-Turut

Senin, 31 Juli 2023 20:58 WIB
Foto: Humas BNPT
Foto: Humas BNPT

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk kesepuluh kalinya secara berturut-turut atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2022 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Opini itu diserahkan di Aula Indonesia Harmoni, Kantor BNPT Sentul, Kab. Bogor, pada Senin (31/7).

Prestasi ini juga menjadi kado istimewa bagi jajaran BNPT dalam rangka Hari Ulang Tahun BNPT ke-13.

Atas raihan WTP tersebut, Kepala BNPT Komjen Rycko Amelza Dahniel mengingatkan jajarannya tidak berpuas diri dengan prestasi yang diraih.

Menurutnya, penghargaan WTP yang didapat, menjadi cambuk semangat dan motivasi agar BNPT terus melakukan perbaikan dan terus meningkatkan kualitas pengelolaan APBN.

Baca juga : Top, Kemenag Raih 7 WTP Berturut turut Dari BPK

"Tentunya ini merupakan bekal berharga bagi BNPT untuk terus melakukan perbaikan dan terus meningkatkan kualitas pengelolaan APBN sebagaimana rekomendasi yang ada di dalam LHP," kata Rycko.

Atas capaian opini WTP ini, Rycko juga berterima kasih kepada BPK yang telah melakukan membina selama ini dan jajaran BNPT yang telah bekerja keras menjaga tata kelola keuangan yang akuntabel.

"Terima kasih kami ucapkan kepada pihak BPK RI, serta seluruh jajaran BNPT atas kerja keras dan upayanya untuk meraih opini WTP kesepuluh kalinya secara berturut-turut," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota 1 BPK Nyoman Adi pun memberikan apresiasi kepada BNPT, yang menurutnya, telah melakukan pengelolaan keuangan dengan baik.

"Kami memberikan apresiasi atas konsistensi BNPT dalam waktu yang cukup panjang dalam pengelolaan keuangan yang baik," jelasnya.

Baca juga : Perpusnas Kembali Raih Opini WTP Dari BPK, Sudah 7 Kali Berturut-turut

Dia berharap, pengelolaan keuangan yang mengedepankan budaya transparansi dan akuntabilitas akan selalu menjadi bagian dari budaya kerja di BNPT.

"Budaya transparansi dan akuntabilitas harus menjadi bagian dari budaya dan juga ritme kerja," harap Nyoman.

Dalam LHP 2022 BNPT terdapat rekomendasi BPK kepada BNPT.

Rekomendasi tersebut harus ditindaklanjuti segera dengan adanya adanya komunikasi aktif dan efektif antara BNPT sebagai entitas yang diperiksa dengan pihak BPK, baik level bawah hingga pimpinan.

Hadir juga dalam penyerahan LHP tersebut, Auditor Utama BPK, Akhsanul Khaq beserta seluruh Tim Pemeriksa.

Baca juga : Hebat! Kemendes PDTT Raih WTP 6 Kali Berturut-Turut

Lalu, Sekretaris Utama BNPT Bangbang Surono, Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT Mayjen TNI Nisan Setiadi.

Hadir pula Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan BNPT Ibnu Suhaendra.

Juga  Deputi Bidang Kerjasama Internasional Andhika Chrisnayudhanto dan Inspektur BNPT Catur Imam Pratignyo, dan seluruh jajaran pejabat eselon 2 dan 3 di lingkungan BNPT.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.