Dark/Light Mode

Raih WTP Tujuh Kali Berturut-turut

Kinerja Menteri ESDM Top

Minggu, 3 September 2023 07:30 WIB
Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi. (Foto: DPR RI)
Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi. (Foto: DPR RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Komisi VII DPR mengapresiasi kinerja keuangan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Kementerian dipimpin Arifin Tasrif itu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selain itu, ESDM mencetak Penerimaan Negara dari Bukan Pajak (PNBP) yang naik hampir tiga kali lipat dari target yang ditetapkan. Atas prestasi itu, Komisi VII DPR menerima Laporan keuangan Kementerian ESDM Tahun Anggaran 2022.

“Memberikan apresiasi kepada Menteri ESDM yang kembali memperoleh predikat tertinggi dari BPK atas ha­sil pemeriksaan keuangan dan kinerja dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini yang ketujuh kalinya berturut-turut, serta memperkuat clean and good government,” ujar Wakil Ketua Komisi VII DPR Bambang Haryadi di Gedung Parlemen, Jakarta, kemarin.

Baca juga : Agus Gumiwang Dipuji DPR

Bambang meminta Kementerian ESDM dapat segera me­nindaklanjuti rekomendasi dari BPK agar dapat diselesaikan se­luruhnya. “Kita berharap tindak lanjut rekomendasi BPK dapat diselesaikan sebelum Semester II APBN 2023 ini berakhir,” tambahnya.

Hal senada dilontarkan anggota Komisi VII DPR Mukhtaruddin. Pihaknya memuji Menteri Arifin yang sukses membawa kembali kementerian yang dipimpinnya meraih opini WTP dari BPK tujuh kali berturut-turut.

Yang menggembirakan, prestasi ini makin lengkap lan­taran Kementerian ESDM ikut memberi sumbangsih luar biasa kepada negara dengan menyum­bang PNBP ratusan triliun rupiah di kurun waktu lima tahun ini.

Baca juga : Raih 7 WTP, Komisi Energi DPR Puji Kinerja Kementerian ESDM

“Terus terang ini menjadi sumber pendapatan negara, se­bagian besar dari ESDM. Tentu kita akan support anggaran Ke­menterian ESDM dalam upaya meningkatkan PNBP,” jelasnya.

Sementara anggota Komisi VII DPR Ratna Juwita Sari menilai, capaian predikat WTP ini tentu bukan hal yang mudah. Namun kinerja luar biasa dari Menteri Arifin dan jajaran membuat predikat WTP ini mampu dipertahankan sampai saat ini. Apalagi, Kementerian ESDM memberikan kontribusi besar untuk pemasukan negara dari sektor energi.

“Karena itu kami selalu berusaha meminta kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) agar memberikan proporsi anggaran yang ideal kepada Ke­menterian ESDM,” tambahnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.