Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Benny: BPK Harus Jadi Lembaga Kredibel 

Rabu, 25 September 2019 11:23 WIB
Benny Pasaribu (Foto: Istimewa)
Benny Pasaribu (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Calon Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Benny Pasaribu, menyampaikan BPK memilki peran strategis dan ikut bertanggung jawab atas keberhasilan bangsa untuk memajukan kesejahteraan rakyatnya.

Pria yang pernah menjabat Ketua Komisi Keuangan DPR (sekarang Komisi XI) dan Panitia Anggaran DPR ini, menilai bahwa untuk mencapai tujuan negara tidak ada hanya satu lembaga negara yang perlu lebih menonjol daripada yang lain. Peran BPK sama pentingnya di dalam mencapai tujuan bernegara terutama untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Baca juga : KLHK Sebut 5 Perusahaan Jadi Tersangka Karhutla

Hal itu dikatakan Benny saat menjawab pertanyaan Anggota Komisi XI DPR Hendrawan Supratikno dalam fit proper calon anggota BPK periode 2019-2024 di Ruang Rapat Komisi XI DPR, Jakarta, beberapa waktu lalu. "Keberhasilan membangun bangsa Indonesia merupakan hasil kolaborasi seluruh lembaga negara tak terkecuali Presiden, MPR, DPR, DPD, BPK, MA, MK dan KY," ungkap Benny.

Oleh sebab itu, Benny ingin mewujudkannya bersama BPK, yaitu Indonesia yang maju-bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Semua itu dilakukan melalui suatu proses perencanaan sebagaimana sudah dituangkan di dalam RPJP dan RPJM (Nawacita), yang kemudian disusun dalam RKP (hasil Musrenbang) dan APBN yang disepakati antara pemerintah dan DPR setiap tahun.

Baca juga : Ademkan Papua, Tito-Hadi Pake Jurus Jaring Laba-laba

"Tugas utama BPK RI adalah untuk menjamin adanya pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara mencapai sasaran/outcome dan mengikuti standar akuransi dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ujarnya.

Benny juga melihat peran strategis BPK juga tak terlepas dari bagaimana mendorong peningkatan daya saing bangsa. Daya saing global sangat terkait dengan semangat jiwa kekeluargaan dan kegotongroyongan, efisiensi dan produktivitas, keserakahan dan korupsi, perijinan dan good governance, mutu SDM dan Iptek, pemanfaatan SDA, dan strategi industrialisasi khususnya menyangkut sektor/produk unggulan dan kearifan daerah.

Baca juga : Sirkulasi Kepemimpinan DPD Harus Kedepankan Visi Lembaga

Dengan demikian, lewat daya saing global yang tinggi di sektor tersebut akan berdampak langsung pada bagaimana meningkatkan kesejahteraan, harkat dan martabat rakyat. "Karena itu, sama seperti lembaga tinggi negara lainnya, BPK juga harus menjadi lembaga yang kredibel dan punya kompetensi dan transparansi," kata Benny. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.